Karyawan PDAM OKU Belum Gajian, BPS Nunggak, Dana Pensiun Belum Terbayar, Benarkah?

Karyawan PDAM OKU Belum Gajian, BPS Nunggak, Dana Pensiun Belum Terbayar, Benarkah?

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno dan jajaran ketika menerima warga yang aksi, Kamis (6/7/2023)-ist-liputan

BATURAJA,OKUTIMURPOS-Krisis keuangan melanda semua lini, termasuk di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Informasi yang redaksi terima, karyawan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) ini tiga bulan terakhir ini belum gajian.

Artinya karyawan PDAM OKU belum gajian sejak April 2023 hingga sekarang. Bukan itu saja, dana BPJS Kesehatan juga nunggak.

BACA JUGA:Warga Perum Karang Sari Demo PDAM Tirta Raja OKU, Ini Keluhannya

Benarkah? Wartawan mencoba mengkonfirmasi masalah ini ke Direktur PDAM Tirta Raja OKU lewat humasnya El'Fanco, namun ia tidak mau menjawab secara tertulis via WA.

Tak lama WA koran ini terkirim Fanco langsung menelpon melalui WA dan mengakui semua pertanyaan di WA. Tetapi itu katanya urusan unsur pimpinan.

"Apa yang ditanyakan semuanya benar. Tetapi itu urusan pimpinan. BPS juga nunggak, karena tempo hari ada yang ingin berobat tidak bisa karena BPJS nunggak," ujar Fanco via telepon.

Namun, saat koran ini izin mengutip pernyataannya ini, Fanco tidak membalas WA. Tentu semua informasi ini perlu klarifikasi dari jajaran pimpinan PDAM OKU.

Karena perusahaan ini milik daerah (Pemkab OKU) yang sebagian juga tentu ada menggunakan uang APBD OKU, entah itu berupa hibah atau bentuk lainnya.

Jika dihubungkan dengan jawaban Direktur PDAM OKU, Abi Kusno ketika menerima puluhan warga yang aksi Kamis pagi (6/7/2023) dia terlihat pasrah.

Saat diminta jawaban yang pasti mengenai tuntutan warga itu, Abi Kusno tidak bisa memastikannya. Hanya memaparkan kondisi PDAM saja.

BACA JUGA:Oknum Honorer Damkar OKU Timur Rudapaksa Anak Dibawah Umur, Polisi Berhasil Ungkap Kasus ini

Malah dia curhat betapa susahnya mengelola PDAM terutama soal kualitas air. Kalau mengejar kualitas, maka kuantitas penyaluran air tidak terjangkau atau tidak terpenuhi.

Sebaliknya kalau mengejar kuantitas atau volume pendistribusian, kualitasnya jadi jelek. Menurutnya jika dikatakan orang PDAM OKU jujur, jawabnya ya betul. Mengingat kata Abi Kusni sumber air baku PDAM adalah air Sungai Ogan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan