Indonesia dan Turki Bersatu Dukung Palestina, Tenang Bantuan Kemanusiaan Sukses Sampai Gaza

Indonesia dan Turki Bersatu Dukung Palestina, Tenang Bantuan Kemanusiaan Sukses Sampai Gaza

Erdogan dan Jokowi saat bertemu di KTT Luar Biasa OKI, sepakat bersatu dukung Palestina--

OKUTIMURPOS.COM- Pertemuan antara Presiden Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menghasilkan komitmen kuat untuk mendukung Palestina.

 Kedua pemimpin sepakat untuk terus bekerja sama dalam menyelesaikan masalah di Gaza dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina, berdasarkan prinsip solusi dua negara.

 Presiden Jokowi menekankan pentingnya OKI bersatu dalam mendesak gencatan senjata, menyuarakan jeda kemanusiaan, dan memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman dan berkelanjutan ke semua warga.

Selain itu, mereka juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan penyelesaian perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Turki (IT-CEPA) yang diharapkan selesai pada tahun 2024. 

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan ini.

Sementara itu, bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk warga Gaza, Palestina, berhasil masuk ke wilayah tersebut melalui gerbang Rafah, Mesir. 

BACA JUGA:Usai Kirim Bantuan dengan 2 Hercules ke Gaza Palestina Kini Gunakan Airbus 330, Netanyahu Didemo Mundur


Ribuan warga di Palembang aksi dukung Palestina dan menghimpun dana kemanusiaan--

Bantuan yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia ini dikirimkan dengan 600 truk dan berhasil didistribusikan tanpa hambatan. 

Ketua Baznas, Noor Achmad, menyatakan bahwa pengiriman bantuan akan terus diawasi dan dipastikan 100% tersalurkan kepada warga Palestina.

BACA JUGA:Gelombang Aksi Bela Palestina Mengalir, Giliran FMSS akan Padati DPRD Sumsel dan Maaf Bagi Pengguna Jalan

Pengiriman bantuan ini melibatkan dua pesawat C-130 Hercules TNI AU dan satu pesawat Airbus A330, dengan rute penerbangan meliputi beberapa negara sebelum tiba di Mesir. 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga mengajak masyarakat untuk menyumbangkan dana kemanusiaan bagi Palestina melalui rekening yang telah disediakan.

Dana kemanusiaan yang dapat disalurkan melalui rekening BSI 7015 654 583 a/n PP LAZIS NU Non Zakat atau rekening BCA 0680 1926 77 a/n Yayasan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah NU. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: