Fokus Sosial Kemasyarakatan, Relawan YPN Gelar Diskusi Soal Lingkungan

Fokus Sosial Kemasyarakatan, Relawan YPN Gelar Diskusi Soal Lingkungan

Keberadaan Posko Relawan Yudi Purna Nugraha (YPN) di Jalinsum Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU)--

Di negara-negara Eropa sana, lanjut Azman, paradigma ini sudah tertanam dalam benak mereka. Kemudian, para aktivis lingkungan di negara luar, itu juga sudah memprogramkan kelestarian lingkungan mulai dari tingkatan sekolah.

"Di Jeman itu sampah is money. Nah, kitapun harus melakukan ide yang sama. Kita mulai dari hal yang paling dasar. Hal sepele harus dimulai dari langkah kecil," jelasnya.

Sementara itu, A Fauzi, menyampaikan, bahwa isu soal lingkungan sangat berkesinambungan dengan dunia pariwisata. Menurutnya, perhatian terhadap lingkungan adalah hal yang paling fungsi menjadikan dunia pariwisata jadi berkembang.

"Jika bicara pariwisata tanpa itu (lingkungan,red) adalah nol," tegas Fauzi.

BACA JUGA:Ribuan Warga Antusias Ikuti Jalan Sehat dan Lomba Panjat 17 Pinang di Kecamatan Gandus

Sambung dia, bahwa kelestarian lingkungan adalah hak masyarakat. Sedangkan pembersihan terhadap lingkungan adalah pekerjaan dari semua masyarakat.

"Wisata dan keindahan sangat berkaitan. Itulah asalnya, sehingga dengan edukasi akan menjadikan lingkungan yang berpariwisata," katanya.

Sekretaris Relawan YPN, Yuyung Aswandi, menjelaskan bahwa giat diskusi dalam ajang 'Yang Penting Ngopi', ini adalah program rutin yang dilaksanakan sebulan sekali.

Sebelumnya, juga telah digelar hal serupa dengan tema dan komunitas yang berbeda. Setidaknya, beber dia, sudah sepuluh komunitas yang dihadirkan.

"Pastinya pertemuan malam ini kita harapkan dapat melahirkan persatuan. Dan keberadaan posko ini seperti yang kita tahu, menjadi wadah bagi siapapun untuk berkumpul dan berdiskusi. Sehingga dapat saling bertukar ide dan gagasan," ujar Yuyung.

BACA JUGA:Tingkatkan Mobilitas Perekonomian, Gubernur Sumsel Herman Deru Resmikan Jalan Penghubung OKU Timur dan OI

Pihaknya berharap, ajang silaturahmi yang dibalut dengan giat diskusi itu dapat menambah semangat perjuangan relawan. Dan pastinya peserta yang tergabung dalam komunitas-komunitas ini kedepannya dapat berkolaborasi dengan relawan.

Di akhir acara, dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Relawan YPN dan Komunitas Pecinta Lingkungan Baturaja. Yang berisikan; mendukung dan mensosialisasikan Yudi Purna Nugraha sebagai Calon Bupati OKU 2024-2029. Serta saling bersinergi dalam kegiatan lingkungan. (Win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: