Apa Kabar Raja Balak Mangkunegara? Hampir 5 Tahun Gelar ini Disandang Jokowi

Apa Kabar Raja Balak Mangkunegara? Hampir 5 Tahun Gelar ini Disandang Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika menerima piagam gelar Adat Komering Raja Balak Mangkunegara dari Gubernur Sumsel H Herman Derupada 25 November 2018 saat berkunjung ke Palembang. foto net-baik-download

Arti dari gelar Jokowi itu merupakan Raja Besar/Agung yang memegang kekuasaan di Republik Indonesia. Selain itu Raja Balak Mangkunegara Jokowi oleh suku Komering dianggap mewakili kepentingan masyarakat Komering.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo mendapatkan gelar Ratu Indoman yang bermakna ibunda yang memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat dengan selalu menjaga sopan santun.

Dalam pemberian Adok atau Jajuluk/Jejuluk biasanya diiringi dengan musik atau gamelan tradisional yang disertai tembang berbahasa Komering.

BACA JUGA:Kejari Muba Geledah Dinas Perkim, Terkait Dua Proyek Rp 8,3 dan Rp 7,9

Biasanya mereka yang mendengar tembang dan mengerti, khususnya orang suku Komering menjawab dengan kata kata "Iya pun," ujar yang hadir menjawab si pembawa tembang ketika menyebutkan Tabik Pun.

Tabik Pun artinya salam pembuka saat menyampaikan tembang. Kira kira sama makna dengan salam "assalamu alaikum".

Jawabnya "Iya pun", itu sama artinya waalaikumussalam, menjawab salam si pembawa tembang mengiringi pemberian Jajuluk.

Adat Komering Sumatera Selatan ini sama dengan yang ada di Provinsi Lampung, cara pemberian gelar/adok atau Jajuluk juga hampir sama. (pur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rewrite