Pemkab OKU Sediakan Lapak dan Tenda Gratis, 200 UMKM Semarakkan Pasar Bedug Baturaja

Pemkab OKU Sediakan Lapak dan Tenda Gratis, 200 UMKM Semarakkan Pasar Bedug Baturaja

Foto : IG Pemkab OKU - Peresmikan Pasar Bedug 1445 H di Taman Kota Baturaja, Selasa (12/03/2024) yang di ikuti sebanyak 200 peserta UMKM--

BATURAJA - Semarak bulan Ramadhan 1445 hijriah baru beberapa hari dilaksanakan diseluruh penjuru dunia bagi yang menjalankannya, Begitupun juga kabupaten Ogan Komering Ulu provinsi Sumatera Selatan.

Pemerintah kabupaten bersama Forkompinda meresmikan Pasar Bedug 1445 H di Taman Kota Baturaja, Selasa (12/03/2024) yang diikuti sebanyak 200 peserta UMKM setempat.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah diwakili Sekda OKU Dharmawan Irianto membuka Kegiatan Pasar Bedug Ramadhan 1445 Hijrah Kabupaten OKU Tahun 2024 yang juga dihadiri oleh Kapolres AKBP Imam Zamroni, SIK MH didampingi PJU Polres OKU.

Pelaku UMKM di Pasar Bedug di OKU difasilitasi tenda sebanyak 40 unit secara gratis yang diikuti peserta sebanyak 200 pelaku UMKM.

Tommy Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten OKU menyampaikan, Pasar bedug dilaksanakan setiap menyambut bulan suci Ramadhan, Dengan keberadaan pasar ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mencari dan memilih menu untuk berbuka puasa serta dapat membantu geliat UKM Mikro pangan d Kabupaten Sebimbing sekundang.

"Pemkab OKU memfasilitasi  lokasi sebanyak 40 unit lapak dan tenda yang ada di taman Kota Baturaja untuk pelaku UMKM yang ada di Kabupaten OKU Selama bulan suci ramadhan 1445 Hijriyah, “ terangnya.

Menurutnya, Kuliner selama bulan Ramadhan ini agar masyarakat dapat mencari untuk menu berbuka puasa di Pasar Bedug, “Keberadaan Pasar Bedug ini juga berfungsi sebagai langkah untuk menggali dan mengembangkan potensi masakan kuliner khas Baturaja,” katanya.

Sekda yang mewakili PJ Bupati menambahkan, Tujuan diadakannya kegiatan Pasar Bedug ini agar dapat menjadi momentum untuk membangkitkan geliat perekonomian ekonomi yang ada di Kabupaten OKU khususnya pada sektor UMKM.

Berharap Pasar Bedug ini dapat membantu para pedagang dalam meningkatkan pendapatan, membantu masyarakat yang tidak sempat masak untuk mendapatkan menu buka puasa dan terpenting dapat menggeliatkan ekonomi kerakyatan di pasar.

"Kita berharap dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan, Pedagang kita koordinir dan diberi lapak di Taman Kota Baturaja. Tujuan diadakan pasar bedug ini adalah untuk menata agar para pedagang lebih tertib dan rapi, sehingga tidak menimbulkan kesemerawutan di jalan-jalan khususnya jalan protokol dan tentunya masyarakat tidak perlu khawatir tentang kualitas dan bahan digunakan dalam membuat menu berbuka puasa yang dijual di Pasar Bedug," pungkasnya.

 

Diketahui sebelum peresmian Pasar Bedug ini, Forkopimda dan Kapolres OKU bersama menyerahkan bantuan sembako kepada 4 (Empat ) Panti Asuhan yaitu Asyifa, Annur, Asaniah dan Mustika,

Dalam acara peresmian juga dilakukan pengguntingan pita tanda telah dibuka secara resmi kegiatan pasar bedug dan dilanjutkan meninjau satu persatu para pelaku UKM di Pasar Bedug.

Saat meninjau satu persatu kuliner Pasar Bedug banyak menyajikan makanan berbuka tradisional yang merupakan ciri khas daerah Kabupaten OKU, Terlihat Forkompinda bersama Kapolres OKU kompak memborong satu persatu menu untuk berbuka puasa nanti yang dijajakan dari pelaku UMKM.(R10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: