Jumlah UMKM di Kabupaten OKU Timur Capai 73 ribu

Jumlah UMKM di Kabupaten OKU Timur Capai 73 ribu

// H Hasbullah--

MARTAPURA,OKUTIMURPOS - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU Timur, H Hasbullah mengungkapkan setidaknya ada 73 ribu lebih usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten OKU Timur,

"Dari hampir 74 ribu UMKM itu sekitar 47 ribu UMKM telah terverifikasi by name by addres dan sekitar 17 ribu UMKM telah memiliki nomor izin berusaha (NIB)," kata Hasbullah, Selasa 10 Oktober 2023.

Dikatakannya, jumlah UMKM terus tumbuh setiap tahun. Besaran pertumbuhannya 4-6 persen per tahun.

"Saat ini kami terus menghimbau agar pelaku usaha segera mendaftarkan usaha agar mendapat NIB. Pendaftaran bisa dilakukan oleh pelaku usaha secara online," ujarnya.

Keuntungan, setelah ada NIB, bahwa pelaku usaha bisa mengakses pembiayaan untuk modal usaha. "Kalau mau akses pembiayaan maka yang ditanyakan adalah NIB. NiB ini berlaku nasional," jelasnya.

BACA JUGA:Pelajar SMAN 1 Belitang Raih Juara Lomba Percobaan Kimia Sederhana

"Jadi berbeda dengan izin misalnya dari kecamatan atau kelurahan, tidak berlaku nasional," tambahnya.

Hasbullah mengungkap pemerintah Kabupaten OKU Timur gencar mendorong UMKM terus maju dan berkembang, atau UMKM naik kelas.

"Salah satunya dengan bupati gencar menyalurkan bantuan peratan usaha kepada UMKM," ujarnya.

Pola bantuan UMKM ini ada beragam, pertama pelaku usaha bisa mengajukan proposal bantuan, kedua melalui Dinas Koperasi UKM yang mendata dan menemukan penerima bantuan.

"Ada pula yang melalui bupati lansung," pungkasnya.(clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: