Ini Ciri Cengkeh Nusantara, Salah Satu Unggulan Komoditi Ekspor

Ini Ciri Cengkeh Nusantara, Salah Satu Unggulan Komoditi Ekspor

ciri cengkeh nusantara--

OKUTIMURPOS.COM - Manfaat Cengkeh digunakan sebagai bahan makan (bumbu dapur), penguat cita rasa dan aroma pada minuman, industri farmasi (kesehatan), minyak atsiri (kosmetik dan parfum), serta industri obat herbal.

Untuk budidaya Cengkeh harus mempunyai tanah subur guna bila digunakan secara komersial.

Salah satu unggulan ekspor komoditi perkebunan Cengkeh tergolong tanaman tropis yang hasil panennya bisa dirasakan setelah ia berumur 4-5 tahun.

Cengkeh banyak dimanfaatkan untuk bahan penguat rasa dan aroma pada masakan dan minuman, Selain itu Tanaman ini jika dicampur dengan Tembakau maka akan memanjakan para perokok lintingan atau sering disebut Tingwe (Linting Dewe).

Cengkeh di bumi Nusantara ini ada tiga jenis cengkeh yang banyak dibudidayakan adalah Zanibar, Sikotok dan Si putih,

1. Cengkeh Zanzibar

BACA JUGA:Innalillahiwainnailaihirojiun Rizal Ramli Berpulang, Presiden Jokowi Ucap ini 

Cengkeh ini yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia khususnya di Sulawesi, Jawa dan Sumatera. 

Jenis cengkeh ini memiliki potensi produksi buah cengkeh basah.  Hasil per panennya berkisar antara 2,9-11 kg per pohon.

Cengkeh tipe Zanzibar tipe ini merupakan tipe cengkeh terbaik, Sangat dianjurkan karena daya adaptasi yang luas, produksi tinggi, dan berkulitas baik. 

Daun mulanya berwarna ros atau merah muda.

karakteristik Cengkeh Zanzibar dengan bunga berwarna kemerahan pucuk daun berwarna merah muda, Dibagian tangkai daun hingga cabang berwarna hijau tua dan permukaan daun yang mengkilap.

Cengkeh Varietas Zanzibar Gorontalo merupakan varietas komposit hasil penyerbukan antar pohon induk terpilih dari populasi cengkeh di Desa Taludaa, provinsi Gorontalo. 

Populasi cengkeh ini merupakan keturunan kedua dari Cengkeh Zanzibar Cimanggu Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: