Ini Ciri Cengkeh Nusantara, Salah Satu Unggulan Komoditi Ekspor

Ini Ciri Cengkeh Nusantara, Salah Satu Unggulan Komoditi Ekspor

ciri cengkeh nusantara--

BACA JUGA:Waw, Sudah Dibuat 591 Lumbung Sosial di Seluruh Indonesia, Begini Manfaatnya

 Ciri utama Cengkeh Zanzibar Gorontalo umumnya memiliki bentuk kanopi silindris, daun berbentuk lanet lebar, berwarna hijau tua mengkilat, daun muda berwarna merah kekuningan dan memiliki bunga berwarna kemerahan pada saat masak petik. 

Cengkeh varietas Zanzibar Gorontalo memiliki potensi produksi bunga segar 102.21-150.82 kg/pohon/tahun pada umur > 30 tahun, dengan kualitas bunga baik, yaitu kadar minyak atsiri 19,94-23,00% dan kadar true eugnol 74,55- 75,44%.

2. Cengkeh Sikotok 

Merupakan cengkeh yang memiliki kadar eugenol tertinggi 60-67 persen.

Kadar eugenol ini berfungsi sebagai antibiotik yang banyak dimanfaatkan untuk industri Farmasi.

Cengkeh Sikotok sendiri memiliki potensi produksi buah Cengkeh basah mencapai 19 sampai 25 kg per pohon berbanding terbalik dengan kadar minyak atsiri 18-20 persen.

BACA JUGA:Hutama Karya Siap Kawal Libur Nataru 2023/2024 di Jalan Tol Trans Sumatera, Strategi Kemacetan di Tol?

Karakteristik dari Cengkeh Sikotok dengan bunga berwarna kuning pucuk daun berwarna merah muda.

Selanjutnya  pada bagian tangkai daun hingga cabang berwarna merah dan daun tua berwarna hijau dengan permukaan daun yang mengkilap.

3.Cengkeh Si Putih

Cengkeh putih ini merupakan yang tidak banyak dibudidayakan karena memiliki produksi Cengkeh basah yang cukup rendah hanya 3 sampai 5,5 kg per pohon.

 Tentu saja dengan tidak memiliki kadar minyak dan kadar eugenol karakteristiknya dengan bunga berwarna kuning berukuran besar pucuk daun berwarna kuning hingga hijau muda.

Kemudian pada tangkai dan tulang daun mudanya berwarna kuning kehijauan dan daun tuanya berwarna hijau daunnya lebih besar ketimbang jenis lain dan tidak mengkilap.

4. Cengkeh Ambon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: