Joss, TNI-Polri Bersinergi Gelar Patroli untuk Jamin Pemilu 2024 Aman dan Damai

Joss, TNI-Polri Bersinergi Gelar Patroli untuk Jamin Pemilu 2024 Aman dan Damai

Pertemuan antara Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Markas Besar Polri.--

Joss, TNI-Polri Bersinergi Gelar Patroli untuk Jamin Pemilu 2024 Aman dan Damai

OKUTIMURPOS.COM- Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah sepakat untuk melaksanakan patroli bersama. 

Ini penting Guna mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan aman, nyaman, dan lancar, 

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan antara Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Markas Besar Polri.

Kapolri menyatakan, kehadiran TNI dan Polri di lapangan sangat penting untuk memastikan seluruh tahapan Pemilu, mulai dari distribusi, pelaksanaan kampanye, hingga pengawalan rekapitulasi suara dan penanganan sengketa, dapat berlangsung dengan aman dan damai. 

"Kami ingin memastikan bahwa semua proses Pemilu berjalan dengan lancar dan damai," ujar Kapolri,5 Desember 2023.

BACA JUGA:Polres OKU Timur Siap Menjunjung Tinggi Netralitas dan Menjaga Kondusifitas Pemilu Tahun 2024

Jenderal Sigit menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di tengah perbedaan pilihan dan pendapat yang muncul selama pemilihan. 

"Perbedaan pendapat adalah bagian dari demokrasi, dan tugas kami adalah mengawal agar demokrasi berjalan dengan baik," tambahnya.

Sinergi antara TNI dan Polri dinilai sebagai kunci sukses pelaksanaan Pilpres 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Kedua institusi ini berkomitmen untuk bekerja sama demi memastikan keamanan dan kelancaran selama proses pemilihan.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menambahkan bahwa TNI dan Polri telah mengadakan deklarasi pemilu damai di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk memperkuat upaya ini, patroli bersama akan dilakukan mulai dari tingkat kecamatan hingga provinsi. 

"Kami akan bersinergi, mulai dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas hingga ke level yang lebih tinggi, untuk mengawal pesta demokrasi ini," kata Jenderal Agus.

BACA JUGA:KPU Rp 39,8 Milliar-Bawaslu Rp 15,1 Milliar, Bupati Enos Teken Perjanjian Dana Hibah Pilkada

Pertemuan ini menandai langkah konkret TNI-Polri dalam mengamankan salah satu event politik terbesar di Indonesia, menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga stabilitas dan keamanan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: