Tambah Menggila Serangan Israel ke Gaza dan Tepi Barat Palestina, Begini Sikap Pemerintah Indonesia

Tambah Menggila Serangan Israel ke Gaza dan Tepi Barat Palestina, Begini Sikap Pemerintah Indonesia

Serangan Israel terus terjadi di wilayah Gaza dan kini wilayah Tepi Barat Palestina--

Tambah Menggila Serangan Isrel ke Gaza dan Tepi Barat Palestina, Begini Sikap Pemerintah Indonesia

OKUTIMURPOS.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengecam keras serangan militer Israel yang terjadi di Gaza dan Tepi Barat, Palestina. 

Serangan ini telah menewaskan ratusan warga sipil, dengan laporan terbaru mengindikasikan bahwa serangan udara yang dilakukan oleh Israel merupakan pemboman terberat sejak awal bulan.

Indonesia menilai tindakan tersebut sebagai pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional, terutama setelah serangan terhadap Rumah Sakit Baptis Al-Ahli di Gaza dan dekat rumah sakit Indonesia di kota Beit Lahia, Gaza Utara.

Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk berpartisipasi dalam pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jeddah dan berupaya mengkoordinasikan evakuasi WNI di Palestina.

"Indonesia bersama OKI mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi. Fokus utamanya adalah masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel di Palestina," tegas Jokowi saat kunjungan kerjanya di Riyadh, Arab Saudi.

BACA JUGA:Timnas Israel U20 Akan Datang ke Indonesia, Begini Reaksi Dubes Palestina

Indonesia juga mengajak para pemimpin dunia untuk membangun solidaritas global dalam menyelesaikan masalah Palestina sesuai dengan parameter internasional yang telah disepakati.


Presiden Jokowi sholat berjamaah saat kunjungan ke Arab Saudi. Foto: setpres--

 Pernyataan tegas ini akan kembali diulang oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi dan di KTT ASEAN-GCC.

Sebagai informasi tambahan, serangan udara Israel di Gaza telah menewaskan setidaknya 30 warga di wilayah Jabalia, Gaza Utara, dengan mayoritas korban adalah anak-anak dan perempuan.

Setidaknya tercatat 25 serangan udara Israel terhadap kawasan pemukiman di wilayah Palestina, yang merupakan rumah bagi lebih dari 2 juta orang itu.

BACA JUGA:Wartawan Perang

Sementara di Tepi Barat, sebuah masjid di Jenin menjadi sasaran serangan militer Israel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: