Bupati OKUS Akui Grand Fondo Punya Efek Besar untuk Perekenomian Rakyatnya

Bupati OKUS Akui Grand Fondo Punya Efek Besar untuk Perekenomian Rakyatnya

Atlet asal Yogyakarta, Ahmad Yoga sebagai juara Road Bike Men Elite-ist-humas pemprov Sumsel

Pembalap Asal Yogyakarta Dapat Hadiah Utama 1 Unit Mobil

OKU SELATAN – Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo mengakui Even Tahunan Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) memiliki efek yang besar bagi perekonomian rakyatnya.

Rumah tinggal (homestay) dan pusat kuliner serta jajanan di sekitaran tempat kegiatan laku keras. Masyarakat dan pedagang senang, para peserta pun terhibur dengan suasana di seputaran Danau Ranau.

Sejak dicanangkan beberapa tahun lalu oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, hingga 2023 even ini terus digelar. Terbaru, pada Sabtu (19/8/2023) SRGF dibuka oleh Herman Deru di pelataran Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan ditandai dengan pengibaran bendera start.

Dalam even SRGF yang diinisiasi Gubernur Herman Deru digelar untuk kelima kalinya melibatkan tidak kurang dari 1000 peserta termasuk diantaranya Ade Agung Dinatara pembalap nasional asal Sumsel, selain peserta dari manca negara seperti dari Australia, Prancis dan Pakistan.

Kelas yang memperlombakan 10 kategori masing-masing : Kategori Road Bike (RB) Men Elite yang memperebutkan hadiah berupa 1 unit mobil dengan jarak tempuh 102 Km. Kemudian kategori RB Men Junior, RB Master A, RB Master B, RB Women Junior dan RB Women dengan masing-masing kategori memperebutkan hadiah sepeda motor.

Selanjutnya kategori lomba MTB Men, MTB Women, Tiny Whell Men dan Tiny Whell Women masing-masing memperebutkan hadiah sepeda Polygon siskiu D5.


Selain mendapatkan hadiah tersebut para pemenang dari berbagai kategori diberikan mendali dan sejumlah uang pembinaan. SRGF kali ini juga dimeriahkan dengan keikutsertaan peserta Fun Bike dari umum.

Sebelum melepas peserta lomba, Gubernur Herman Deru menyampaikan terimakasihnya kepada para sponsor dan serta kepala daerah Bupati/Walikota di Sumsel serta kepala daerah dari Provinsi tetangga yang telah ikut hadir langsung menyemarakan even yang telah ditetapkan sebagai salah satu agenda nasional dengan lokasi Danau Ranau atau danau terbesar kedua setelah Danau Toba tersebut.

"Kita ketahui bahwa Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini merupakan yang ke lima kalinya kita gelar. Banyak dampak positif yang kita dapatkan utamanya ekonomi di sekitar begitu menggeliat," ucap Herman Deru.

Lebih jauh dia menambahkan, contoh nyata dampak positif yang dirasakan daerah ini dengan digelarnya SRGF aneka jajanan dan kuliner yang dijual warga banyak yang terjual.

Demikian juga dengan hunian homestay full, dan yang tak kalah pentingnya objek Wisata Danau Ranau kian dikenal dikancah nasional dan internasional.

"Inilah salah satu alasan saya menginisiasi even digelar setiap tahun," tutup Herman Deru.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Gubernur Herman Deru, dan seluruh peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah meramaikan SRGF Tahun 2023 di Danau Ranau OKU Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis