Disdikbud OKU Timur Gelar Festival Pelajar

Disdikbud OKU Timur Gelar Festival Pelajar

Disdikbud OKU Timur saat menggelar pestival pelajar. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Menggali potensi pelajar di kabupaten OKU Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten OKU Timur menyelenggarakan event Festival Pelajar OKU Timur dengan tema Merdeka Berprestasi, Talenta Menginspirasi.
 
Festival Pelajar ini terdiri dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) O2SN, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) dan Gala Siswa Indonesia (GSI).
 
Acara pembukaan dilaksanakan di lapangan Desa Jatimulya, Kecamatan Belitang Madang Raya, kabupaten OKU Timur.
 
Dimana kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Wakimin, S.Pd, MM dengan simbolis melemparkan tolak peluru dalam pembukaan kegiatan tersebut. 
 
Menurut Wakimin, tujuan dilaksanakannya Festival Pelajar ini untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam
bidang olahraga dan seni.
 
Lalu untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia dini. Serta mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab.
 
Kemudian guna mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karaker peserta didik.
 
"Selain itu festival pelajar ini untuk memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik. Tentunya dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten OKU Timur," katanya.
 
Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini. Ia juga menjelaskan pada tahun kemarin salah satu pelajar OKU Timur melaju ke tingkat nasional. 
 
"Untuk itu diharapkan tahun ini juga dapat melaju ke tingkat nasional. Ini juga kita mengirimkan 9 atlet asal OKU Timur mewakili Provinsi Sumatera Selatan dibawah binaan KORMI dalam mengikuti olahraga tradisional tingkat nasional di Jawa Barat," jelasnya. 
 
Selain itu, ia juga berpesan kepada para atlet dan official agar dapat mencapai janji atlet.
 
Serta untuk juri dan wasit dapat menjalankan amanah sebagaimana semestinya. 
 
"Saya juga mengharapkan agar kiranya kegiatan ini melahirkan para atlet dan penggiat seni yang akan berkompetisi di tingkat selanjutnya," ucapnya. 
 
Sementara, Ketua Pelaksana Festival Pelajar Edi Subandi, SE, MM menyampaikan, peserta festival pelajar merupakan siswa SD dan SMP.
 
Dimana peserta yang telah lolos seleksi secara daring melalui pendaftaran yang
telah disediakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.
 
"Perlu kami sampaikan bahwa peserta yang berhasil di tingkat kabupaten akan mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi," ucapnya.
 
Ia juga menjelaskan, bahwa Festival Pelajar ini dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan 15 Juni 2023.
 
"Kegiatan ini dibagi menjadi 4 zona. Jadi cabang lomba dilaksanakan sesuai sarana dan prasarana lomba," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung