Siap-siap, Besok Bawaslu OKU Timur Umumkan Calon Panwascam yang Lolos Seleksi Administrasi

Siap-siap, Besok Bawaslu OKU Timur Umumkan Calon Panwascam yang Lolos Seleksi Administrasi

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto, S.T., M.M didampingi Ketua Bawaslu OKU Timur Agus Purnawan, S.IP meninjau langusng proses pendaftara rekrutmen calon Panwascam, yang dilaksanakan di Sekretariat Bawaslu OKU Timur belum lama ini. Foto: IST--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) OKU Timur resmi menutup rekrutmen calon Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam).

Sebelumnya, panitia seleksi yang terbentuk dalam Kelompok Kerja (Pokja) melakukan perpanjangan pendaftaran.

“Iya betul, terhitung 2-8 Oktober kemarin kita ada perpanjangan masa pendaftaran. Yang sebelumnya, pendaftaran dibuka 21 September lalu. Saat ini panitia yang tergabung dalam Pokja tengah melakukan penelitian berkas calon peserta,” ungkap Ketua Bawaslu OKU Timur Agus Purnawan, S.IP saat dihubungi OKUTIMURPOS.COM Selasa 11 Oktober 2022.

Ia menyebut, melihat dari jadwal yang telah ditentukan Bawaslu, pada 12 Oktober besok Pokja akan mengumumkan hasil penelitian berkas administrasi calon anggota Panwascam. “Selanjutnya pada tanggal 12 hingga 18 Oktober, Pokjamenerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait nama-nama calon yang diumumkan tersebut,” terangnya.

Memang lanjut Agus, ada perpanjangan pendaftaran. Dan itu diatur dalam Pokja, tujuannya untuk memenuhi keterwakilan perempuan dalam proses seleksi. “Alhamdulillah semua sudah terpenuhi. Saat ini tinggal persiapan pengumaan yang akan dilaksanakan besok,” ucapnya.

Proses seleksi ini masih terus belangsung hingga akhir Oktober ini. Dimana setelah pengumuman nama-nama calon peserta yang lolos seleksi administrasi, selanjutnya peserta akan mengikuti serangkaian tes, baik tertulis hingga wawancara. “Untuk tes tertulis berdasarkan jadwal akan dilaksanakan 14 sampai 16 Oktober,” sebutnya.

Untuk tes wawancara 18 sampai 22 Oktober 2022, dan pengumuman hasil tes wawancara diumumkan pada 25 Oktober 2022. Pokja nantinya akan mengumumkan 6 nama Panwascam, dari jumlah tersebut 3 diantaranya duduk sebagai Panwascam, sementara 3 lainya dipersiapkan untuk Pengganti Antar Waktu (PAW).

“Jika semua proses sudah dilaksanakan, maka pelantikan Panwascam dagendakan pada 26 hingga 28 Oktober 2022. Nanti Pokja akan menentukan pada tanggal berapa akan dilakukan pelantikan, pastinya untuk tanggalnya sudah ditentukan,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam proses rekrutmen Panwascam ini, di bawah pengawasan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan, bahkan ketua bawaslu Provinsi meninjau langsung proses pendaftaran calon Panwascam di OKU Timur beberapa waktu lalu. Dengan terbentuknya Panwascam di 20 kecamatan se-OKU Timur nanti, diharapkan pada November tahun ini sudah mulai aktif mengawasi tahapan-tahapan Pemilu dan berakhir setelah Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung