Pendataan Pemilih Tanjung Baru Pakai Aplikasi

Pendataan Pemilih Tanjung Baru Pakai Aplikasi

Kades Tanjung Amin Rahman sedang memberikan sambutan dan arahan kepada peaerta Bimtek untuk Pendataan Mata Pilih, Jumat, 12 Agustus 2022. -baik-purwadi

**Panitia Pilkades Gelar Bimtek

OKUTIMURPOS.COM.BATURAJA-Pendataan mata pilih (Pemilih) Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Baru menggunakan aplikasi. Spreadsheet namanya. Atau program Excel.

Panitia menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk petugas input, para Ketua RT dan Kadus. Acara terpusat di sekretariat panitia di aula kantor Desa Tanjung Baru, Jumat, 12 Agustus 2022.

"Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada para petugas input dari panitia dan ketua RT serta Kadus," ujar Johan Eka Wijaya DN MPd, Ketua Panitia Pilkades.

Peserta Bimtek

Dikatakan Johan, Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah dibagikan kepada Ketua RT silakan kroscek di lapangan. Teliti adakah warga yang belum tercatat.

"Daftar tersebut sudah disusun berdasarkan dusun dan RT. Tapi teliti lagi bisa saja ada nama warga yang termasuk di RT lain," papar Johan.

Untuk Pilkades kali ini, lanjut Johan, panitia sengaja menggunakan pendataan berbasis teknologi IT.

"Kita berusaha memberikan yang terbaik. Dengan teknologi ini akan mempermudah dalam sosialisasi daftar mata pilih. Masyarakat Tanjung Baru dan para calon kades bisa mengeceknya. Akan kita sebarkan jika data sudah terimput semua," kata Johan.

Kepala Desa Tanjung Baru, Amin Rahman mengucapkan terima kasih kepada para Ketua RT, kadus dan perangkat desa lainnya.



"Ketua RT dan para kadus adalah ujung tombak di lapangan dalam pendataan mata pilih ini. Untuk itu kepada petugas input data hendaknya bekerjasama dengan para Ketua RT agar pendataan mata pilih selesai tepat waktu," ujar Amin.

Amin juga menegaskan dalam pelaksanaan Pilkades ini, yang bisa menyampaikan hak pilihnya hanya mereka terdaftar saja.

"Dan harus warga Tanjung Baru yang dibuktikan dengan KK. Mereka yang berdomisili di Tanjung Baru namun tidak memiliki KK Tanjung Baru jelas tidak bisa memilih," papar Amin.

Kemudian meski warga memiliki KK Tanjung Baru namun tidak terdaftar di DPT dinyatakan tidak bisa menyalurkan hak suaranya.

"Kesimpulannya harus terdaftar di DPT," pungkas Amin, sembari mengimbau bagi warga yang sudah berdomisili di wilayah Tanjung Baru namun belum ada KK, silakan urus KK nya bisa melalui Kantor Desa.

Acara Bimtek dihadiri Kades Persiapan Kemilau Baru, Zainal Arifin SIP, Ketua BPD Tanjung Baru, Syahruddin dan anggotanya. Ada juga Bhabinkamtibmas Tanjung Baru. Para panitia Pilkades. (tim)












Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan