Biar Cepat Ngasil Langsung Pelihara Sapi Bunting

Biar Cepat Ngasil Langsung Pelihara Sapi Bunting

Penanda tanganan BA serah terima berkas Kelompok Peternakan Sapi Berkah-baik-wa pribadi

*KPSB Desa Tanjung Baru Resmi Beroperasi

BATURAJA,OKUTIMURPOS – Kelompok Peternak Sapi Berkah (KPSB) Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur, OKU resmi beroperasi sejak September 2023.

Dan Jumat (6/10/2023) Kepala Desa Tanjung Baru, Subri Bustan ST secara resmi menyerahkan sepenuhnya pengelolaan Ternak Sapi tersebut kepada KPSB yang diketuai oleh Andi, di sela-sela rapat kordinasi (Rakor) jajaran Pemerintahan Desa Tanjung Baru di lokasi Kandang KPSB RT 04 RW 02.

“Hari ini sengaja kita mengadakan rapat kordinasi yang ke-3 selama tahun 2023 ini di lokasi kandang Sapi. Karena momentum rapat ini sekaligus kita gunakan untuk meresmikan beroperasinya Program Ketahanan Pangan Desa Tanjung Baru Tahun Anggaran 2023,” ujar Subri Bustan ST, ketika menyampaikan sambutan dalam Rakor, Jumat lalu.

Dikatakan Kades Subri Bustan, pembuatan kandang sudah sesuai standar, begitu pun kelengkapan lainnya seperti rumah jaga, sumur dan listrik untuk penerangan.


“Kemudian untuk hewan ternak yakni Sapi, kita sengaja membeli Sapi yang lagi Bunting (Hamil), biar cepat menghasilkan. Perkiraan akhir tahun ini atau tahun depan sudah ada yang beranak (lahiran),” tambah Subri.

Jumlah Sapi yang diternakkan ada sembilan ekor, delapan ekor Sapi Betina dan satu ekor Sapi Jantan. Untuk memastikan Sapi yang dipelihara bisa produksi, itu tadi lanjut Subri, pihaknya membeli Sapi yang lagi Bunting. Itu pun rata-rata masa produksi atau masa Bunting untuk yang ketiga kalinya.

“Dengan melihat sudah memasuki produksi yang ketiga, maka kita tidak ragu lagi bahwa Sapi tersebut benar-benar bisa atau mampu beranak. Karena berdasarkan pengalaman kalau Beli indukan yang gadis belum tentu berhasil sampai beranak,” tambah Subri.

Mengenai sistem pengelolaan antara Pemerintah Desa dengan Kelompok Peternak Sapi Berkah (KPSB) yakni bagi hasil. Sehingga diharapakan peternakan Sapi ini bisa berkembang biak dan menopang program Ketahanan Pangan di Desa Tanjung Baru.

Hadir saat peresmian dan serah terima Peternakan Sapi dari Pemerintah Desa kepada KPSB Tanjung Baru, Sekcam Baturaja Timur Sugiono, MSi, para ketua RT, kepala dusun (RW) dan Ketua BPD beserta anggotanya.

Camat Baturaja Timur, yang diwakili oleh Sugiono menyambut baik program Ketahanan Pangan di Desa Tanjung Baru berupa peternakan Sapi.

Semoga program ini kata Sugiono akan berhasil sehingga sangat bermanfaat bagi warga Desa Tanjung Baru untuk ketahanan pangan khususnya dalam pemenuhan kebutuhan daging atau protein hewani.

“Kita sangat mendukung dan mengapresiasi program yang telah dijalankan oleh Pemerintah Desa Tanjung Baru. Khususnya di bidang ketahanan pangan ini. Rawatlah dan jaga asset ini dengan baik. Semoga ini akan bermanfaat bagi masyarakat Desa Tanjung Baru,” kata Sugiono yang sekaligus meresmikan pengoperasionalan kandang ternak Sapi yang dikelolah oleh KPSB.


Selain acara inti peresmian dan serah terima KPSB, Rakor juga membahas masalah Karhutla di wilayah Desa Tanjung Baru, agar aparat desa mulai dari masyarakat, RT, dan sampai ke RW agar berpartisipasi guna pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, Rakor juga membahas masalah kebersihan desa alias penanggulangan sampah serta Keamanan dan Ketertiban masyarakat (Kamtibmas). (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wa liputan