Aktivitas JCH OKU Timur Hari Ini, Bayar Dam hingga Ziarah, Syarif: Alhamdulillah Lancar

Aktivitas JCH OKU Timur Hari Ini, Bayar Dam hingga Ziarah, Syarif: Alhamdulillah Lancar

OKUTIMURPOS.COM, MEKKAH – Jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten OKU Timur yang tergabung dalam Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan Selasa (28/6/2022) melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah baik sunah maupun wajib.

 

Salah satunya melaksanakan pemyembelihakn hewan ternak berupa satu ekor kambing untuk membayar dam, berdasarkan jenis dam yang diperuntukannya.

 BACA JUGA:Cuaca di Mekkah Capai 48 Derajat Celsius, JCH Sampai Ada yang Mimisan

“Iya, hari ini (Selasa,red) kami, para JCH asal Kabupaten OKUT melaksanakan penyeblihan satu ekor kambing untuk membayar dam,” ungkap Ustad Syarif Alfi kepada OKUTIMURPOS.COM.

 

Ia mengatakan, setelah pemotongan hewan dam, JCH juga melaksanakan Ziarah keliling, serta melihat beberapa persiapan seperti di Arofah, Mina dan Muszdalifah.

 BACA JUGA:Setiba di Mekkah, JCH Haji OKU Timur Melaksanakan Proses Umroh Wajib

“Dan alhamdulilah sekarang JCH telah kembali lagi ke hotel atau maktab untuk istirahat dan persiapan ibadah di Masjidil Haram. Dan perlu kami sampaikan bahwa, kondisi JCH asal OKUT dalam keadaan sehat walafiat,” terangnya.

 

JCH juga berharap dapat melaksanakan semua rangkaian berupa rukun haji, yang telah ditentukan. “Memang cuaca di Mekkah selalu berubah, tapi diminan panas, beberapa hari lalu sempat di atas 45 derajat Celsius. Dan cukup panas,” terangnya.

 BACA JUGA:Setiba di Mekkah, JCH Haji OKU Timur Melaksanakan Proses Umroh Wajib

Untuk itu kata Syarif, dalam kodisi cuaca yang panas seperti ini, biasanya tubuh mudah sekali kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, JCH jangan tunggu sampai haus baru minum, tetapi usahakan banyak-banyak minum sebelum haus.

 

“Kami selalu mohon do’a dari masyarakat OKU Timur semoga JCH, selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT dan kelancaran dalam menjalankan tahapan haji,” imbuhnya.

BACA JUGA:JCH Asal OKU Timur Sudah Tiba di Jeddah, Jemaah: Terima Kasih Masyarakat OKU Timur, Mohon Tetap Do’akan Kami

Tadi lanjut Syarif, ada jemaah yang sampai mimisan lantaran cuaca panas di Mekkah. “Alhamdulillah sudah dapat diatasi, dan kami anjurkan untuk memakai pelindung kepala guna mengurangi panas mengenai tubuh,” terangnya. (asa)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan reporter