Cuaca di Mekkah Capai 48 Derajat Celsius, JCH Sampai Ada yang Mimisan

Cuaca di Mekkah Capai 48 Derajat Celsius, JCH Sampai Ada yang Mimisan

MEKKAH – Jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten OKU Timur (OKUT) yang tergabung dalam Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan harus mewaspadai suhu panas atau cuaca di wilayah Mekkah, Arab Saudi.

Pasalnya, cuaca di wilayah tersebut hingga Minggu (26/6/2022) kemarin mencapai 48 derajat celsius. Cuaca yang cukup panas, dan membuat kondisi tubuh rawan dehidrasi. Yakni suatu kondisi saat cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar.

“Iya. Cukup panas cuaca di Mekkah Arab Saudi. Kami sekarang berada di Masjidil Haram usai melaksanakan solat dzuhur. Agar tidak kepanasan, maka jemaah dianjurkan memakai penutup kepala, pelindung mata dan membawa air minum” ungkap Ustad Syarif Alfi kepada OKUTIMURPOS.COM. 

Menurutnya, dalam kodisi cuaca yang panas seperti ini, biasanya tubuh mudah sekali kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, JCH jangan tunggu sampai haus baru minum, tetapi usahakan banyak-banyak minum sebelum haus. “Kami selalu mohon do’a dari masyarakat OKU Timur semoga JCH, selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT dan kelancaran dalam menjalankan tahapan haji,” imbuhnya.

Tadi lanjut Syarif, ada jemaah yang sampai mimisan lantaran cuaca panas di Mekkah. “Alhamdulillah sudah dapat diatasi, dan kami anjurkan untuk memakai pelindung kepala guna mengurangi panas mengenai tubuh,” terangnya. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan reporter