HUT RI ke 79 2024 Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Kesultanan Kutai Kartanegara

HUT RI ke 79 2024 Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Kesultanan Kutai Kartanegara

Foto: BPMI Setpres - Presiden Jokowi bersama Ibu Presiden mengenakan Baju Adat di HUT RI 79 Tahun 2024 --

OKUTIMURPOS - Pucak peringatan HUT Republik Indonesia ke 79 tahun 2024 Presiden Joko Widodo kembali memakai baju adat Nusantara yang kali ini terinspirasi dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, yakni baju adat Kustim.

 

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut berlangsung di halaman Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Sabtu, 17 Agustus 2024 yang diikuti jajaran para Menteri kabinet dan para undangan penting lainnya. 

 

saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Tampak Presiden mengenakan baju adat bersama ibu Presiden Iriana Jokowi yang memperkuat nuansa kebangsaan dalam perayaan tersebut.

 

Pakaian adat tersebut memiliki makna dalam sejarah Kesultanan Kutai Kartanegara, yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur. Kesultanan ini dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia dan dianggap sebagai cikal bakal Nusantara.

 

Istilah nama “Kustim” sendiri berasal dari kata “Kustin,” yang berarti “kebesaran,” menandakan bahwa pakaian ini memiliki kasta tertinggi dalam hierarki pada jaman kerajaan kesultanan.

 

Pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara, baju adat Kustim hanya dikenakan oleh Aji Sultan, para pangeran, serta kakak perempuan Aji Sultan dan istri-istri pangeran.

Pakaian ini biasanya dipakai dalam upacara-upacara penting, termasuk Erau dalam sebuah perayaan besar dan megah yang diselenggarakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara.

 

Penampilan Presiden Jokowi dengan Baju Adat Kustim pada upacara peringatan kemerdekaan tahun ini tidak hanya menunjukkan apresiasi terhadap warisan budaya Indonesia, tetapi juga mempertegas keberlanjutan nilai-nilai kebesaran dan kebangsaan yang diwariskan oleh para pendahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: