Bergizi Tinggi, Harganya Murah Meriah, Pas Banget Untuk Akhir Bulan

Bergizi Tinggi, Harganya Murah Meriah, Pas Banget Untuk Akhir Bulan

Jenis ikan bergizi tinggi dan harganya murah cocok untuk keluarga--

4. Patin siam

Ini dikenal pula dengan nama jambal siam, lele bangkok dan hiu bangkok. Dalam bahasa perdagangan internasional, ikan ini dikenal dengan nama siamese shark, sutchi catfish atau pangasius. 

Ikan patin yang sering dibudidayakan di Indonesia oleh peternak ikan lokal juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik.

Daging ikan patin mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang baik sebagai sumber energi dan pertumbuhan anak-anak. Kelebihan lain dari ikan patin adalah kandungan asam lemak esensial omega-3 yang relatif tinggi.

BACA JUGA:Ternyata setiap Jenis Telur Berbeda Gizi dan Manfaatnya, Mana yang Lebih Sehat? Ini Penjelasannya

5. Ikan teri 

Salah satu jenis boga bahari yang umum ditemukan di kawasan pinggir pantai Samudera Atlantik, Hindia dan Pasifik. serta dikategorikan sebagai ikan berminyak. Ikan ini berasal dari famili Engraulidae.

Ikan teri banyak mengandung protein, kalsium, fosfor dan vitamin D. juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Tak heran banyak sekali nelayan yang menjaring ikan teri dilaut dikarenakan mudah di tangkap secara bergerombolan.

6. Tongkol komo dan Cakalang

Adalah golongan ikan tuna kecil dengan ciri badan memanjang tidak memiliki sisik dengan tekstur sirip punggung keras.

Yang termasuk dalam famili Scombridae bergenur Euthynnus mempunyai ukuran tubuh cukup besar, kulit berwarna abu-abu, dan berdaging tebal berwarna merah tua. 

Ikan Cakalang adalah ikan berukuran sedang dari familia Scombridae. merupakan spesies ikan tuna dari genus Katsuwonus. Cakalang terbesar dengan panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dan berat lebih dari 18 kg.

Ikan tongkol dan cakalang ini memang banyak berkembang di Samudera Pasifik maupun Hindia yang menjadi sumber kekayaan perairan Indonesia.

Kedua jenis ikan ini mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: