Bergizi Tinggi, Harganya Murah Meriah, Pas Banget Untuk Akhir Bulan

Bergizi Tinggi, Harganya Murah Meriah, Pas Banget Untuk Akhir Bulan

Jenis ikan bergizi tinggi dan harganya murah cocok untuk keluarga--

Bergizi Tinggi, Harganya Murah Meriah, Pas Banget Untuk Akhir Bulan

OKUTIMURPOS.COM - Ikan merupakan hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup dalam air,  dan memiliki insang yang berfungsi untuk mengambil oksigen yang terlarut dari air dan sirip digunakan untuk berenang.

Ikan sebagai sumber protein untuk tubuh sangatlah penting. Selain rasanya yang lezat, ikan juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Tanpa kita sadari ternyata ikan tersebut sangat sering kita jumpai pada saat berbelanja di pasar tradisional maupun di supermarket, antara lain yaitu:

1. Ikan Lele / ikan keli atau lele akar

Yaitu ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin agak pipih memanjang, serta memiliki kumis yang panjang, di sekitar bagian mulutnya. 

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Menjaga Anak Tetap Bugar dengan Asupan Makanan Bergizi, Dia Suka yang Mana?

Ikan ini mengandung protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1 dan B12. Dan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak anak dan merawat daya ingat bagi lansia.

2. Ikan Kembung

Adalah ikan laut yang tergolong ke dalam genus Rastrelliger, famili Scombridae. Ikan ini hampir sama dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang dan makerel.

Ikan kembung ini memiliki kandungan gizi omega-3 yang lebih tinggi daripada salmon, yaitu sebesar 2,6 gram per 100 gram. ikan ini juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, D, E dan vitamin B kompleks.

3. Ikan nila

Adalah ikan air tawar berasal dari Afrika bagian timur dan saat ini menjadi ikan peliharaan dan ikan budidaya yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama pada setiap sungai dan danau Indonesia. 

Ikan nila mengandung sumber protein dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ternyata ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: