2.178 Satlinmas Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM, Bupati Enos Harap Sukses Amankan Pemilu dan Pilkada

2.178 Satlinmas Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM, Bupati Enos Harap Sukses Amankan Pemilu dan Pilkada

//Pemerintah Kabupaten OKU Timur Melalui Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Damkar menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024.--

MARTAPURA,OKUTIMURPOS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Timur Melalui Satuan Polisi Pamong Praja, Linmas dan Damkar menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan Kabupaten OKU Timur Tahun 2024.

Bimbingan Teknis yang diikuti oleh peserta sebanyak 2.178 orang anggota Satlinmas Desa dan Kelurahan ini dibuka langsung oleh Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T. Pada Rabu, 7 Februari 2024 di Aula SMA Negeri 1 Belitang.

Dalam laporannya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. Vikron, M.M. menyampaikan, Maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka implementasi penyelenggaraan ketertiban umum dan ketertiban masyarakat.

Serta perlindungan masyarakat di Kabupaten OKU Timur dan upaya meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab.

Drs. Vikron juga menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 Februari 2024 yang terbaik menjadi tiga zona, yaitu Zona 1 Belitang , Zona 2 Semendawai Barat, dan Zona 3 Martapura serta Pembukaan dilangsungkan di Aula SMA Negeri 1 Belitang. 

BACA JUGA:SK Biru Program TORA Kabupaten OKU Timur Terbit, Bupati Lanosin: Kita Patut Bersyukur

Dalam Bimbingan dan Arahannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, M.T mengatakan, Perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan terus meningkat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

Maka Satlinmas yang telah saya Lantik dan diambil sumpahnya diharapkan dapat berpartisipasi dalam mendukung kelancaran proses Pemilu dan Pilkada 2024 ini.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Penugasan Satlinmas Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan penyelenggaraan pemilu

Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan termasuk di TPS dan Pengawalan Logistik, baik di Pos maupun saat penghitungan suara.

Bupati Enos juga berujar bahwa Kerjasama Erat dengan Koordinator dari TNI dan Polri akan menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan pemilu yang aman dan kondusif.

Maka, menurutnya Bimtek tersebut sangat penting untuk memberi pemahaman Tupoksi Satlinmas, Menjaga Netralitas serta Menjaga Kesehatan Selama Bertugas.

BACA JUGA:Bujang Lapuk Ditangkap Satreskrim Polres OKU Timur, Ternyata ini Kasusnya

Turut hadir pada acara tersebut dari Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus, Staf Khusus, Kepala OPD dan Camat di Lingkungan Pemkab OKU Timur, Komisioner KPU, Anggota Bawaslu, dan 2178 Anggota Satlinmas Peserta Bimtek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: