5 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan, Mulai Masalah Usus hingga Peningkatan Risiko Penyakit

5 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Mie Instan, Mulai Masalah Usus hingga Peningkatan Risiko Penyakit

Ternyata mie instan memiliki dampak buruk bagi kesehatan di dalalm tubuh kita--

OKUTIMURPOS.COM- Siapa sih yang tidak suka mie instan? Dengan rasa yang lezat dan mengugah selera untuk makan mie instan.

Ternyata mie instan memiliki dampak buruk bagi kesehatan di dalalm tubuh kita, Anda mungkin akan terkejut dengan pengaruhnya jika keseringan makan mie instan terhadap kesehatan Anda. 

Penelitian telah menemukan bahwa makan mie instan dapat memiliki efek samping yang serius jika dimakan terlalu sering. 

Dari masalah usus hingga peningkatan risiko penyakit tertentu, ada beberapa konsekuensi yang mengganggu terkait dengan makanan cepat saji ini.

Kandungan pada mie instan tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, meskipun setiap mie instan memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda-beda. 

Namun, sebagian besar mie instan cenderung mengandung rendah kalori, serat, protein, dan mengandung lemak, karbohidrat, sodium, dan MSG yang tinggi. Sehingga nutrisinya tidak seimbang.

BACA JUGA:5 Resep Agar Tidak Mabuk di Perjalanan, Pake Permen Bantu Kurangi Rasa Mual

Meskipun ada beberapa mitos seperti menambahkan sayuran ke dalam mie instan untuk menambahkan nilai gizi, masalah yang dapat ditimbulkan tidak dapat diselesaikan dengan menambahkan irisan sayur atau sepotong telur saja. 

Mari kita simak apa saja dampak buruk bagi kesehatan jika keseringan makan mie instan:

1. Obesitas

Efek samping dari makan mie instan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan obesitas karena kandungan natrium dan karbohidratnya yang tinggi. 

Tidak hanya itu, bahan yang digunakan juga menawarkan sedikit nilai gizi. Alhasil, orang yang rutin mengonsumsi mie instan cenderung memiliki lingkar pinggang yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, individu juga dapat mengalami peningkatan tekanan darah dan penurunan tingkat metabolisme yang memiliki implikasi jangka panjang pada kesehatan jantung serta penambahan berat badan. 

Ini menunjukkan bagaimana mengambil langkah kecil seperti mengurangi asupan mie instan dapat membantu mencegah komplikasi terkait obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: