Meski Nikmat, Ini 6 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Makanan dan Minuman Manis

Meski Nikmat, Ini 6 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Makanan dan Minuman Manis

efek itu hanya kamu rasakan saat mengonsumsi gula secara berlebihan--

OKUTIMURPOS.COM- Kebanyakan orang biasanya mencari makanan manis seperti permen, es krim, hingga cokelat menjadi favorit yang sering diincar.

Akan tetapi banyak juga orang yang belum tau makan dan minuman yang manis dapat mengundang penyakit bagi tubuh manusia. 

Tentunya efek itu hanya kamu rasakan saat mengonsumsi gula secara berlebihan. Pasalnya konsumsi gula yang berlebihan sama jahatnya dengan terlalu banyak makan makanan dengan kandungan lemak jenuh, garam, dan kalori yang tinggi.

Pembatasan makan manis tersebut dilakukan karena ada bahaya yang tidak boleh Anda anggap sepele di balik manisnya rasa gula.

Lalu apa saja bahaya mengonsumsi makanan manis secara berlebihan? Yuk simak di sini!

1. Obesitas

Salah satu alasan mengapa konsumsi makanan manis perlu dibatasi yakni dapat meningkatkan risiko kondisi obesitas.

BACA JUGA:5 Khasiat Kulit Manggis, Terutama dalam Hal Pencegahan Penuaan Dini

kadar gula yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko resistensi leptin. Leptin merupakan protein yang dibuat dalam sel lemak, beredar di aliran darah, dan diedarkan ke otak.

Protein ini juga hormon penanda bahwa Anda sedang lapar atau kenyang. Sedangkan, resistensi leptin membuat Anda tidak berhenti makan karena otak tidak merasa kenyang meski sudah banyak makan.

Akibatnya, Anda akan terus makan yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan hingga risiko obesitas. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana gula memengaruhi obesitas.

2. Kerusakan Gigi

Sudah bukan rahasia umum lagi bila konsumsi terlalu banyak gula bisa mengakibatkan kerusakan gigi apalagi tehadap anak kecil yang sering makan makanan yang manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: