Innalillahiwainnailaihirojiun Rizal Ramli Berpulang, Presiden Jokowi Ucap ini

Innalillahiwainnailaihirojiun Rizal Ramli Berpulang, Presiden Jokowi Ucap ini

Pria kelahiran 69 tahun silam ini dalam perjalanan karirnya pernah menjabat menjadi MenKo Perekonomian--

Rizal Ramli dikenal sebagai aktivis berpikiran kritis. Kritisismenya itu didasari oleh latar belakang akademik yang kuat, sehingga dia tidak asal bicara sembarangan. 

Meskipun sering disebut-sebut "sosialis", Rizal sebenarnya religius. Saya sering jalan kaki bersama dari Istana Negara ke Mesjid Baiturrahim untuk shalat zuhur dan shalat Jum'at.

Sambil berseloroh dia bilang ke saya "jelek-jelek ayah saya dulu orang Masyumi. Sama seperti anda. Nasionalis, Sosialis, Religius" katanya, sambil membuka tali sepatu di tangga Mesjid Baiturrahim.

BACA JUGA:Bawaslu OKU Timur Buka Posko Pengaduan Masyarakat

Sebagai sahabat, beberapa kali Rizal datang ke rumah saya. Sayapun beberapa kali pula bertandang ke rumahnya.

Ngobrol banyak tentang perkembangan politik, hukum dan ekonomi. Tidak selalu pikiran kami sama. Tetapi kami berangkat dari keprihatinan yang sama, dan mempunyai cita-cita yang sama, bagaimana memajukan bangsa ini dan keluar dari ketertinggalan.

Kini sahabat saya Rizal Ramli telah pergi buat selamanya. Hidup ini singkat. Dia telah berbuat sesuatu untuk memikirkan dan mencari jalan keluar dari masalah mendasar yang dihadapi bangsa ini. 

Tentu masalah-masalah bangsa takkan selesai oleh sebuah generasi. Tantangan lama belum rampung, tantangan baru telah muncul  di depan mata.

Namun paling tidak, seseorang telah ikut menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk ikut menyelesaikannya. 

"Rizal Ramli telah melakukan tanggung-jawab itu selama hidupnya. Tugas generasi baru pula untuk meneruskannya," tulisnya di Manila, 3 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: