Mau Tau Penyebab Warna Mobil Cepat Kusam? Hindari Hal Berikut

Mau Tau Penyebab Warna Mobil Cepat Kusam? Hindari Hal Berikut

Memiliki kendaraan yang kinclong adalah salah satu hal yang menarik untuk dilihat dan bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya--

OKUTIMURPOS.COM -- Memiliki kendaraan yang kinclong adalah salah satu hal yang menarik untuk dilihat dan bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya.

Sebagai salah satu pandangan pertama ketika orang melihat mobil adalah dari body mobil karena bila kurang menarik tidak begitu diperhatikan oleh teman dan masyarakat.

Ada sedikit pepatah bahwa “orang bisa melihat kebiasaan dari penampilannya”. Maka dari itu hal tersebut memang ada benarnya mengingat kondisi sebuah kendaraan sangat tergantung dari ketelatenan pemilik dalam melakukan perawatan.

Seiring berjalannya waktu, cat putih pada mobil juga akan menjadi kusam dan menguning. Masalah ini disebabkan karena debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil tidak segera dibersihkan.

Kotoran yang menempel pada mobil jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan oksidasi saat terkena sinar matahari.

BACA JUGA:Cara Mengganti Minyak Rem Mobil Sendiri, Pentingnya Sama Seperti Oli Mesin

Hal ini berdampak pada kerusakan lapisan clear coat pada bodi mobil dan mengakibatkan cat mobil putih menjadi kusam dan menguning.

Untuk itulah, diperlukan perawatan yang tepat untuk melindungi dan menjaga cat mobil agar tetap seperti baru. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat cat mobil:

1. Hindari memarkirkan mobil di bawah terik matahari

Paparan sinar matahari secara langsung pada mobil dapat mengakibatkan dampak buruk pada eksterior mobil, seperti cat yang kusam.

Tidak hanya eksterior mobil, tetapi juga merusak bagian interior pada  mobil, bagian yang terbuat dari karet, seperti halnya wiper akan mengeras dan tidak elastis lagi sehingga jika digunakan terus menerus akan menggores kaca mobil.

Untuk menghindari hal tersebut, usahakan mobil diparkir di tempat yang beratap sehingga tetap terjaga dari sinar UV atau menutupinya dengan penutup kain mobil yang sudah dilengkapi dengan penangkal sinar UV.

BACA JUGA:Ini 5 Mobil Terbaru yang Akan Rilis 2024

2. Sembarangan ketika menggunakan sampo mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: