Beragam Manfaat Daun Sirih, Ternyata juga Bisa Menghilangkan Jerawat

Beragam Manfaat Daun Sirih,  Ternyata juga Bisa Menghilangkan Jerawat

daun sirih--

OKUTIMURPOS.COM - Daun sirih hijau atau di kenal dengan nama ilmiah piper beetle lin, merupakan salah satu bagian dari tanaman sirih yang kerap di manfaaatkan masyarakat Indonesia untuk berbagai penyakit.

Sudah berlangsung sejak lama, pemanfaatan daun sirih sebagai obat oleh masyarakat terutama di daerah perdesaan di Indonesia.

Masih banyak kita lihat masyarakat yang masih menggunakannya sebagai salah satu obat tradisional.

Banyak yang mengatakan hampir seluruh bagian dari batang dan daun dari tumbuhan sirih ini mengandung anti septik.

Daun sirih memiliki daun berbentuk hati dan tumbuh sebagai tanaman rambat dengan daun berwarna hijau. Biasanya tumbuhan sirih ini banyak terdapat di be-batu’an.

daun sirih memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat. Bahkan di dalam upacara adat pun, peranan daun sirih sangat dominan, seperti antara lain dalam upacara “ngeuyeuk seureuh” sehari sebelum pernikahan di keluarga Sunda, “sekapur” sirih pada acara-acara di kawasan Sumatra.

BACA JUGA:6 Cara Meredakan Flu Tampa Harus Minum Obat, Terutam di Saat Cuaca Dingin

Selain memiliki antiseptik dan baik bagi tubuh, dengan menjadikannya sebagai obat tradisional dapat menjadi sumber penghasilan perekonomian bagi masyarakat karna dengan kandungan alami yang di miliki oleh daun sirih.

Adapun beberapa manfaat yang dapat di peroleh, berikut adalah manfaat daun sirih bagi kesehatan.

1. Batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering terjadi akibat terkena debu, polusi, cuaca atau alergen (zat pemicu alergi) pada tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu asap dan sebagainya.

Daun sirih hijau dapat menyembuhkan batuk karena daun sirih hijau mengandung antibiotik untuk mengatasi peradangan penyebab batuk.

2. Luka bakar

Luka bakar merupakan cidera yang terjadi akibat kerusakan lapisan kulit yang terjadi ketika jaringan tubuh bersentuhan langsung atau terpapar benda panas, termasuk api, air panas, cairan, bahan kimia, sengatan listrik maupun uap panas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: