Ini Sumpah Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK yang Ganti Frili Bahuri

Ini Sumpah Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK yang  Ganti Frili Bahuri

Nawawi Pomolango, S.H., M.H. (lahir 28 Februari 1962) adalah hakim Indonesia putra berdarah Gorontalo. Ia menjabat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2019. Kini diangkat jadi ketua Smentara KPK.--

Ini Sumpah Nawawi Pomolango Ketua Sementara KPK yang Ganti Frili Bahuri

okutimurpos.com-Nawawi Pomolango mengucapkan sumpah jabatan sebagai Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode 2019-2024.

Upacara pelantikan yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 27 November 2023, 

Ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 116/P Tahun 2023.  Keputusan ini mengatur tentang pemberhentian sementara dan pengangkatan Ketua Sementara KPK.

Nawawi Pomolango, yang dikenal sebagai hakim Indonesia berdarah Gorontalo, telah memulai kariernya di dunia hukum sejak tahun 1992. 

Ia pernah bertugas di berbagai pengadilan di Indonesia, termasuk menjadi Ketua Pengadilan Negeri di beberapa daerah. 

Pendidikannya di bidang hukum ditempuh di Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Pasundan, dimana ia mengkhususkan diri dalam hukum pidana.

BACA JUGA:Akhirnya Polda Metro Jaya Menetapkan Ketua KPK Firli Bahuri sebagai Tersangka dalam Kasus Dugaan Pemerasan

BACA JUGA:KPK Hormati Proses Hukum Terhadap Firli Bahuri di Polda Metro Jaya

Pengangkatan Nawawi sebagai Ketua Sementara KPK diharapkan dapat memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga anti-korupsi ini.

Dalam sambutannya, ia menekankan komitmennya untuk menjalankan tugas dengan integritas dan keadilan, serta tidak akan terpengaruh oleh suap atau janji dalam menjalankan tugasnya.

Upacara pelantikan ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara, termasuk Ketua BPK, Jaksa Agung, Wakil Ketua KY, Wakil Ketua MA, dan Wakil Ketua DPR.

Setelah pelantikan, Nawawi Pomolango langsung mengadakan rapat internal dengan pimpinan KPK yang berlangsung selama tiga jam, diikuti dengan konferensi pers.

BACA JUGA:Babak Baru, Firli Bahuri Menggugat Kapolri Bersiap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: