Peringatan dari PMD OKU Timur! Pemdes Untuk Segera Selesaikan Pekerjaan dan Pelaporan

Peringatan dari PMD OKU Timur! Pemdes Untuk Segera Selesaikan Pekerjaan dan Pelaporan

FOTO : DEO/OKUTPOS // Rusman--

PMD OKU Timur Himbau Pemdes Segera Selesaikan Pekerjaan dan Pelaporan

MARTAPURA,OKUTIMURPOS - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU Timur menghimbau kepada Pemerintah Desa (Pemdes) agar segera menyelesaikan pekerjaan dan pelaporan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Timur H Rusman SE ST MM mengatakan, bahwa bagi Pemerintah Desa (Pemdes) sudah mencairkan Dana Desa agar segera menyelesaikan pekerjaan dan pelaporan keuangan.

Ia juga mengingatkan jangan sampai terjadi keterlambatan laporan karena dapat menghambat pencairan di tahun 2024.

"Kenapa, harus segera, laporan cepat, karena mengingat saat ini sudah masuk akhir tahun," kata Rusman.

Lanjut kata Rusman, jika laporan realisasi kerja dan keuangan itu terlambat akan berdampak kepada pemerintah desa itu sendiri. Jika terjadi keterlambatan malah akan menghambat pencairan keuangan tahun berikutnya.

"Jangan sampai terjadi keterlambatan laporan karena dapat menghambat pencairan di tahun 2024," ujarnya.

Namun, kata Rusman, jika pemdes cepat menyelesaikan laporan yang dimuat dalam sistem keuangan desa (Siskeudes) tersebut, maka berpeluang mendapat reward dari Kementerian Keuangan maupun Kemendes.

"Jika pemdes yang menyampaikan laporan tepat waktu diawal tahun akan mendapatkan reward dari Kementerian Keuangan," jelasnya.

BACA JUGA:Anniversary ke 16, SMK Negri 1 Martapura Gelar Kegiatan Positif

Penghargaan dan reward itu, lanjutnya, akan dibagikan awal tahun. Seperti di tahun 2023 ini yang mendapatkan reward dari kemenkeu RI sebanyak 58 desa se-Kabupaten OKU Timur.

"Reward tersebut berupa tambahan dana desa. Jadi tambahan dana tersebut dapat untuk membangun desa," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, dua tahun tahun terakhir OKU Timur selalu mendapat peringkat pertama di Sumsel sebagai kabupaten tercepat penyaluran dana desa.

"Peringkat pertama cepat salur dana desa ini, membuktikan bahwa pelaporan keuangan pemdes di OKU Timur cepat," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: