Festival Litetasi Nusantara. Warahan, Pisaan Hingga Tari Tigol Pukau Penonton Festival Literasi Nusantara

Festival Litetasi Nusantara. Warahan, Pisaan Hingga Tari Tigol Pukau Penonton Festival Literasi Nusantara

PUKAU : Warahan dan Pisaan yang disampaikan langsung oleh Akmal Gelar Raja Bangsawan di lanjutkan Tari Tigol oleh Rizqi Arifandi, Heri Iwanda serta Faiz Pangestu tampil memukau di pangung utama Festival Litetasi Nusantara.--

PALEMBANG,OKUTIMURPOS.COM - Warahan dan Pisaan yang disampaikan langsung oleh Akmal Gelar Raja Bangsawan di lanjutkan Tari Tigol oleh Rizqi Arifandi, Heri Iwanda serta Faiz Pangestu tampil memukau di pangung utama Festival Litetasi Nusantara yang digelar di Asrama Haji Palembang, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Warahan dan Pisaan tersebut bertemakan budaya komering dalam literasi, yang berisikan pesan tutur lisan bahasa komering tentang pesan melestarikan budaya komering.

Warahan, Pisaan dan Tari Tigol merupakan persembahan dari Sanggar Sebiduk Sehaluan binaan dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. serta tim kebudayaan di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakimin, S.Pd., M.M melalui Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dr. Ahmad Roni mengatakan penampilan ini merupakan salah satu literasi budaya.

"Pada kesempatan festival litetasi nusantara ini Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur diberikan kesempatan untuk menampilkan Kebudayaan Komering" ujarnya.

Masih kata Ahmad Roni, banyak kebudayaan komering yang mestinya bisa ditampilkan dalam festival litetasi ini, namun hanya dua saja yang ditampilkan oleh Sanggar Sebiduk Sehaluan.

"Dua kebudayaan komering ini sudah mewakili identitas kita yaitu budaya komering, yang lainya sudah ditampilkan melalui video yabg dipamerkan oleh Dinas Kominfo serta foto-foto dan pameran alat musik kulintang dan baju adat" terangnya.

BACA JUGA:Semarakan Hari Santri Nasional, Herman Deru Buka Atqia Fest 2023 di Talang Jambe

Sementara itu Ketua Sanggar Sebiduk Sehaluan dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. melalui ketua harian Latifah Amaliah, S.Sn, mengucapkan terima kasih sudah diberikan kesempatan tari tigol untuk tampil di Festival Literasi Nusantara ini.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas diberikannya kesempatan untuk tampilnya tari tigol di pangung ini, apresiasi dari para duta literasi kepada sangar kami" ungkapnya.

Dikatakannya, Sangar Sebiduk Sehaluan siap hadir dalam semua kesempatan, terutama dalam hal penampilan kebudayaan, kita banyak kader-kader sanggar yang siap tampil di panggung.

"Kami siap tampil memukau dalam setiap penampilan, terima kasih kepada dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes.yang telah mensupport penuh Sanggar Sebiduk Sehaluan" tutupnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: