Jambore Kader Kesehatan Provinsi Sumsel, Tingkatkan Pengetahuan Kader Tentang Pentingnya Bantuan Hidup Dasar

Jambore Kader Kesehatan Provinsi Sumsel, Tingkatkan Pengetahuan Kader Tentang Pentingnya Bantuan Hidup Dasar

Jambore Kader Kesehatan Provinsi Sumsel dalam Kegiatan Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) Tahun 2023 di Gedung Asrama Haji Palembang, Rabu (6/9) pagi--

PALEMBANG,OKUTIMURPOS - Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Feby Deru secara resmi membuka Jambore Kader Kesehatan Provinsi Sumsel dalam Kegiatan Sosialisasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) Tahun 2023 di Gedung Asrama Haji Palembang, Rabu (6/9) pagi.

Menurut Gubernur Herman Deru melalui sosialisasi BHD ini, para kader kesehatan Sumsel diharapkan semakin cermat melakukan antisipasi saat menemui kasus henti napas di lingkungan terdekat.

Untuk itu kemampuan inipun diharapkan dapat ditularkan oleh para kader kesehatan ini kepada masyarakat luas.

"BHD ini tampaknya memang sederhana, sepele. Selama ini misalnya ada teman kita yang tiba-tiba pingsan kita suka kaget. Nah dengan pengetahuan BHD kita tidak akan kaget tapi justru bisa melakukan tindakan pertolongan dengan benar. Jadi tidak asal menolong sehingga berakibat fatal," jelasnya.

Iapun menghimbau agar kegiatan sosialisasi BHD ini divideokan sehingga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi kader kesehatan di 17 kab/kota lainnya.

Bantuan hidup dasar perlu dilakukan dengan teknik yang tepat agar dapat meningkatkan peluang seseorang mempertahankan nyawanya.

Kerusakan otak permanen setelah terputusnya pasokan oksigen dapat terjadi dalam jangka waktu 4 - 10 menit, oleh karena itu penting untuk segera melakukan bantuan hidup dasar kepada mereka yang membutuhkan pertolongan.

BACA JUGA:Pasca Ketum KONI Sumsel Ditetapkan Tersangka, Herman Deru Tegaskan Porprov XIV Lahat Tetap Sesuai Jadwal

Lebih jauh dikatakan Gubernur Herman Deru, Pemprov Sumsel sudah berjuang keras untuk mewujudkan masyarakat yang sehat maju untuk semua.

Pembangunan Kesehatan menjadi perhatian utamanya disamping program-program lain.

Berbagai indikator-indikator kesehatan di Sumsel menurutnya juga sudah melampaui target yang ditetapkan salah satunya angka stunting yang turun cukup signifikan.

Tahun 2022 angka penurunan sebesar 6,2% menjadi sebesar 18,6%, angka tersebut lebih rendah dari angka stunting nasional yaitu sebesar 21,6%.

"Capaian yang menggembirakan ini berkat kerjasama kita semua, terutama para Kader-Kader Kesehatan terutama kader Posyandu yang diantaranya hadir diruangan ini. Karena itu Saya sangat mengapresiasi dedikasi, dan layanan yang telah ibu-ibu berikan," jelasnya disambut tepuk tangan kader kesehatan yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: