Jadi Tuan Rumah, Ini Peringkat Sumsel Dalam POPNAS XVI 2023

Jadi Tuan Rumah, Ini Peringkat Sumsel Dalam POPNAS XVI 2023

Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Kota Palembang, Sumsel--

PALEMBANG, OKUTIMURPOS - Perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Kota Palembang, Sumsel, secara resmi ditutup di Dinning Hall Jakabaring Sport City pada Minggu (3/9) malam.

Dalam ajang bergengsi ini, Sumsel berhasil masuk peringkat enam besar nasional bahkan menjadi Juara Pertama dari provinsi lainnya di luar Pulau Jawa.

Catatan prestasi Sumsel ini meningkat pesat bila dibandingkan pada POPNAS XVI tahun 2019 dimana Sumsel hanya mampu duduk diperingkat ke 24.

Kali ini Sumsel menduduki peringkat enam dengan mengoleksi sebanyak 50 medali yakni emas 10, perak 16 dan 24 perunggu.

Adapun peraih peringkat 10 besar pada POPNAS XVI Tahun 2023 Sumsel masing-masing yakni, Peringkat 1 Provinsi DKI Jakarta, Peringkat 2 Provinsi Jabar, Peringkat 3 Provinsi Jatim, Peringkat 4 Provinsi Jateng, Peringkat 5 Provinsi DI Yogyakarta, Peringkat 6 Provinsi Sumsel, Peringkat 7 Provinsi Kaltim, Peringkat 8 Provinsi Kalbar, Peringkat 9 Provinsi Banten dan Peringkat 10 Provinsi Sumut.

Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora dr. Bayu Rahardian mengatakan sangat mengapresiasi Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta jajaran juga Pemprov Sumsel yang telah menyelenggarakan POPNAS XVI dengan sangat baik.

Tak hanya menjadi tuan rumah yang sukses menyelenggarakan POPNAS, menurutnya Sumsel juga sukses prestasi karena berhasil masuk 6 besar. "Pemprov Sumsel perlu diapresiasi dalam banyak hal.

BACA JUGA:Waw! Kalahkan Sulawesi Barat, Tim Takraw Putri Sumsel Sukses Rebut Medali Emas POPNAS XVI Tahun 2023

Selain menjadi tuan rumah tunggal, komitmennya mengirimkan atlet terbanyak juga kita apresiasi," tegas Bayu. Bahkan dari federasi maupun PB Ia menilai bahwa kualitas POPNAS XVI 2023 tak diragukan lagi.

Bahkam dari ajang ini secara umum memunculkan atlet-atlet yang potensial.

"Yang tidak kita lupakan juga penyelenggaraan ini ikit berdampak pada perekonomian di daerah. Dimana hotel-hotel di Palembang semua penuh, ini luar biasa," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Provinsi Sumsel Ir. S.A..Supriono mengatakan, POPNAS)XVI tahun 2023 menjadi ajang membentuk karakter Generasi Muda sehingga nantinya akan menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas saat ini dan masa yang akan datang dengan menjadikan dirinya sebagai :

1. Agen Perubahan (Agent of Change)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: