Pandangan Sirodj Tentang Dewan Kesenian Sumatera Selatan

Pandangan Sirodj Tentang Dewan Kesenian Sumatera Selatan

Sirojudin-ist-wa pribadi

BATURAJA,OKUTIMURPOS – Salah seorang Calon Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Sirojuddin SIKom menyampaikan pemikiran dan harapannya untuk DKSS kedepan.

Hal ini, kata Sirodj, berangkat dari rasa keprihatinan akan perkembangan iklim berkesenian di Sumatera Selatan yang dirasa "stagnan" jalan ditempat, atau tidak ada perkembangan.

Sebagai lembaga non struktural terkesan tidak melaksanakan fungsi dan tugasnya untuk secara berkala adanya pembinaan, pengembangan, dan mendorong potensi besar seni yang ada di Sumatera Selatan.

Maka dirasa perlu untuk meningkatkan kerjasama yang lebih baik antara Dewan Kesenian tingkat Provinsi dengan 17 Dewan Kesenian tingkat daerah dan kota di Sumatera Selatan, Pemerintah eksekutif, legislatif, yedukatif, TNI, Polri, Seniman, Budayawan, dan Pemikir seni.

“Saya tergugah dalam hal ini demi kemajuan DKSS, karena itu tadi sebagai mitra Pemerintah Provinsi Sumsel dan daerah, selayaknya DKSS bisa berkiprah lebih baik lagi untuk memajukan dunia seni di Sumatera Selatan,” papar Sirodj.

Berikut beberapa harapan Sirodj:

• Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) merupakan Lembaga Non Struktural adalah mitra pemerintah provinsi, yang bertugas sebagai wadah bagi para seniman, budayawan dan pemikir seni, yang ada di Sumatra Selatan. Dapat menjalin dan meningkatkan kerjasama yang baik pada unsur pemerintahan. Mulai ditingkat eksekutif, legislatif, yedukatif, TNI, Polri.

•Menginventarisir dan mendata, semua pelaku seni ditingkat kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan. •Meningkatkan pembinaan dan pengembangan seni budaya yang ada di provinsi Sumatra Selatan dengan tetap berkoordinasi dengan Dewan Kesenian Kabupaten dan Kota, Pemerintah daerah dan unsur Muspida. •Mempasilitasi serta mendorong pelaku seni Sumatera Selatan, melalui karyanya untuk tampil di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional.

•Mengusahakan adanya gedung DKSS sebagai tempat sekretariat DKSS beserta kelengkapannya. Agar Pengurus harian DKSS dapat bekerja maksimal untuk menjadikan kesenian Sumatera Selatan lebih baik.

*Team work yang kuat dan kompak akan menghasilkan kinerja yang bermanfaat dan bermartabat.

Niat yang baik dilakukan dengan cara yang baik, In Syaa Allah akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Fungsi dan tujuan Dewan Kesenian itu dibentuk untuk apa sih?

Dewan Kesenian adalah sebuah lembaga non struktural yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi, melalui surat keputusan gubernur provinsi.

Bertugas sebagai mitra kerja gubernur untuk merumuskan kebijakan serta merencanakan berbagai program guna mendukung kegiatan dan pengembangan kehidupan kesenian di wilayah Kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis