Mulai 2024 DKI Jakarta Bukan Lagi Ibukota Negara

Mulai 2024 DKI Jakarta Bukan Lagi Ibukota Negara

Ilustrasi-ist-net--

OKUTIMURPOS.COM - Tahun ini menjadi tahun terakhir bagi Kota Jakarta menjadi ibukota negara. Mulai tahun 2024 nanti ibukota negara pindah ke Kalimantan Timur.

Kepala Otorita Ibukota Nusantara yaitu Bambang Susantono pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Surat Keputusan Presiden semester pertama 2024 yang mengesahkan perpindahan ibukota negara dari Jakarta ke Ibukota Nusantara.

Tugas utama dari Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) sendiri adalah segala hal yang mencakup pembangunan, pemindahan, persiapan dan penyelenggaraan pemerintahan. Persiapan lainnya yang akan dilakukan bertahap dengan melakukan transfer aparatur sipil negara (ASN),TNI dan Polri.

Selain itu, lembaga otoritas juga bersiap menansfer administrasi pemerintahan dan layanan publik lain untuk mulai beroperasi pada tahun 2024 mendatang.

Menurut Bambang tersisa 559 hari lagi untuk memenuhi instruksi dari Presiden, agar dalam upacara hari kemerdekaan yang ke -79 selanjutnya diharapkan bisa dilakukan di IKN Nusantara dengan mengoptimalkan berbagai rencana kerja dari UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin lalu Bambang juga mengatakan bahwa Otorita IKN mengajukan anggaran sebanyak Rp650 miliar. Anggaran tersebut telah disetujui oleh Kemenkeu dan untuk tahap pertama telah diberikan sebanyak Rp250 miliar.

Anggota Komisi XI DPR RI ,Marwan Cik Asan dalam rapat tersebut mengingatkan kepada pemerintah agar tidak memaksakan percepatan pembangunan Ibu kota Nusantara.

Hal itu disampaikannya dengan pertimbangan pendanaan yang memiliki keterbatasan terhadap pembangunan infrastruktur yang dinilai akan menjadi ibu kota baru tersebut.

Namun saat ini status ibu kota negara masih dipegang DKI Jakarta hingga presiden mengeluarkan Keppres pemindahan resmi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: