Polisi Bekuk 1 dari 3 Pelaku Begal Sopir Truk, Kerugian Korban Capai Rp11 Juta

Polisi Bekuk 1 dari 3 Pelaku Begal Sopir Truk, Kerugian Korban Capai Rp11 Juta

Kondisi tersangka curas, saat diamankan di Mapolres Empat Lawang, Kamis (8/12). FOTO : PADRI/REL---

EMPAT LAWANG, OKUTIMURPOS.COM – Polisi membekuk satu dari tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas), di Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang Rabu, 8 November 2022.

 

“Benar, kita berhasil amankan satu dari tiga pelaku curas. Saat ini tersangkanya tengah dilakukan pemeriksaan intensif,” ungkap Kapolres Empat Lawang, AKBP Helda Prayitno melalui Kasatreksrim, AKP M Tohirin.

 

Ia mengatakan, penangkapan dilakukan Tim Elang Polres Empat Lawang. Dimana, satu dari tiga pelaku pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Desa Pajar Menang Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang.

 

Sesuai keterangan tersangka, ada tiga orang, dan pelaku yang diamankan berperan mengamankan dan merebut kunci kontak mobil korban.

 

"Pelaku itu sendiri berperan mengamankan kunci mobil dengan merebut kunci kontak dan mengambil tas yang berisikan uang kurang lebih 11 juta," jelas Tohirin.

 

Sedangkan untuk kedua pelaku lainnya, lanjut Tohirin, petugas telah mengantongi identitasnya. Masih dikatakannya atas kejadian itu korban mengalami kerugian sebesar Rp11 juta rupiah.

 

"Dari pengakuan tersangka, dirinya  mendapatkan bagian sebesar Rp2,7 juta dan uang tersebut telah dihabiskan untuk berpoya-poya. Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 365 KUHP dengan ancaman 12 tahun Penjara," tegasnya.

 

Diketahui sebelumnya, masyarakat Kabupaten Empat Lawang dihebohkan dengan adanya rekaman CCTV aksi pembegalan truk.

 

Dari rekaman CCTV itu memperlihatkan sebuah truk dirampok oleh tiga orang pelaku di Desa Pajar Menang, Kecamatan Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang, Selasa (09/11) dini hari sekitar jam 1.49 WIB.

 

Dengan menggunakan senjata tajam jenis clurit tiga pelaku menyetop kendaraan truk Colt Diesel dan merampas paksa tas yang dibawa sopir. Setelah berhasil mengambil tas milik korban yang diduga berisi uang, para pelaku langsung pergi meninggalkan lokasi.

 

Dengan bantuan rekaman kamera CCTV itu, identitas ketiga pelaku teridentifikasi.

 

Namun, setelah mengetahui identitas ketiga pelaku. Pihak kepolisian langsung bergerak untuk melakukan penangkapan, akan tetapi saat sampai di Desa Tanjung Tawang, mobil anggota polisi yang digunakan ke lokasi pun diserang.

 

Atas kejadian itu, satu unit kendaraan yang dipakai oleh anggota polisi dirusak, sehingga kaca sebelah kiri depan pecah oleh massa yang ingin mengagalkan penangkapan pelaku perampokan tersebut. (pad)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rakyat empat lawang