Berdayakan BAS Untuk Atasi Stunting

Berdayakan BAS Untuk Atasi Stunting

Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha saat Rapat Disemenasi Audit Kasus Stunting di Bina Praja I Setda OKU --

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dalam upaya penurunan stunting, Berdayakan Bapak Asuh Stunting (BAS)
berperan untuk membantu masyarakat mengatasi stunting di Bumi Sebiduk Sehaluan.
 
Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha saat Rapat Disemenasi Audit Kasus Stunting di Bina Praja I Setda OKU Timur, 25 Oktober 2022.
 
Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan BKKBN Provinsi Sumatra Selatan Medi Heryanto SH MH, Plt. Kepala DPPKB OKU Timur Andrian Helmi, SKM MM, Kepala DPPPA OKU Timur Hanafi SE MM dan para Camat. 
 
Wabup Yudha mengingatkan, bahwa untuk mengatasi stunting ini perlunya peran aktif setiap OPD, "Dalam mengatasi stunting ini semua OPD berperan dan ada kaitan dengan penurunan kasus angka stunting di Kabupaten OKU Timur" ungkap Wabup Yudha.
 
Dilanjutkan Wabup Yudha, Bapak Asuh Stunting (BAS) diharapkan bisa berperan untuk membantu masyarakat mengatasi stunting di wilayah masing-masing.
 
"Contohnya camat sebagai ujung tombak bagi daerah yang dipimpinnya agar hendaknya memantau masyarakat 
mulai dari pra pengantin, ada program untuk anak dan kelahirannya dengan sehat serta setelah lahir gizi balita harus terjamin" lanjut Wabup Yudha.
 
Sementara itu, Plt. Kepala DPPKB OKU Timur Andrian Helmi, SKM MM mengatakan, bahwa dalam menurunkan stunting di OKU Timur, diperlukan beberapa strategi.
 
"Strategi yang akan kita gunakan diantaranya pravalensi stunting, meningkatkan kualitas penyiapan keluarga, meningkatkan kualitas asupan gizi pada anak dan ibu menyusui, memperbaiki pola asuh anak, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan air minum sanitasi yang benar," tutup Adrian Helmi. (clau)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan