OKU Timur Kaya Akan Budaya dan Pariwisata

OKU Timur Kaya Akan Budaya dan Pariwisata

Bupati OKU Timur Enos saat audiensi prihal Permintaan Data dan Informasi Kekayaan Intelektual Komunal di Wilayah Provinsi Sumatra Selatan oleh Lapas Kelas II B Martapura. Foto: Deo/OKUTPOS--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Bupati OKU Timur Enos menyebut, Kabupaten OKU Timur kaya akan kebudayaan dan pariwisata.

 

Hal tersebut diungkapnya saat audiensi prihal Permintaan Data dan Informasi Kekayaan Intelektual Komunal di Wilayah Provinsi Sumatra Selatan oleh Lapas Kelas II B Martapura.

 

"Setiap kriteria dari daerah yang memiliki kekayaan intelektual harus diperinci mengingat Kabupaten OKU Timur kaya akan kebudayaan dan pariwisata," katanya.

 

Menurutnya, Kekayaan Intelektual Komunal adalah kekayaan intelektual yang berupa pengetahuan tradisional, sumber daya genetik dan potensi indikasi geografis. 

 

Kekayaan intelektual komunal harus dilindungi agar terhindar dari pelanggaran yang dilakukan oleh pihak asing, sehingga perlu adanya sebuah perlindungan hukum dengan memberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kemenkumham.

 

"Kriteria aset-asetnya apakah sudah milik daerah atau belum, agar memperjelas yangmana aset bisa disertifikat atau tidak," ungkapnya.

 

Bupati yang baru saja diganjar penghargaan Indonesian Visionary Leader's Certificate of Presentation ini mengatakan bahwa OKU Timur memiliki keraton di Desa Tanjung Raya Kecamatan Belitang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung