Jadi Program Rutin, Siswa Rutin Tadarus di Kelas

Jadi Program Rutin, Siswa Rutin Tadarus di Kelas

SEMENDAWAI SUKU III - Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 OKU Timur rutin melaksanakan tadarus dikelas sebelum kegiatan belajar dimulai. tadarus di kelas ini merupakan salah satu program rutin sebelum belajar.

Selain membaca surat-surat pendek, kegiatan tadarus juga membaca hadits-hadits pilihan, doa sehari-hari, dan asmaul husna.

Menurut Kepala MIN 4 OKU Timur Siti Muarofah, kegiatan tadarus ini biasa dilakukan di halaman madrasah.

Namun saat ini kegiatan tadarus bersama dilaksanakan di dalam kelas masing-masing, yang diawasi langsung oleh guru kelas.

Mu’arofah mengatakan, tujuan tadarus Alquran sebelum memulai pelajaran untuk mengajarkan siswa berlomba-lomba dalam meraup pahala sebanyak-banyaknya. Selain itu, hal ini juga sebagai upaya pembentukan karakter relegius dan pendidikan untuk melatih siswa beribadah.

"Dengan memberikan pendidikan Alquran pada anak, maka siswa-siswi akan mendapatkan keberkahan dan kemuliaan," ucapnya. Mu’arofah juga mengapresiasi atas berjalannya kegiatan tadarus rutin yang sudah menjadi program MIN 4 OKU Timur. Ia berharap, dengan seringnya dilatih membaca Alqur’an maka siswa-siswi MIN 4 akan semakin dekat dan cinta terhadap Alqur’an.

"Mari sama-sama kita raih kemuliaan dan berlomba-lomba mencari pahala yang sebanyak-banyaknya dengan membaca Alquran,” ajaknya.

Sementara, Sugito selaku wali kelas V B mengatakan, kegiatan tadarus ini dilaksanakan siswa-siswi 15 menit sebelum memulai pelajaran. "Kenapa tadarus kita alihkan ke dalam kelas? tujuannya agar siswa-siswi lebih kondusif dan lebih berkonsentrasi membaca karena dalam keadaaan berpuasa," jelasnya. (inz).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan