Sambut 1 Muharram 1444 H, MWC NU Martapura Gelar Pawai Kendaraan Hias

Sambut 1 Muharram 1444 H, MWC NU Martapura Gelar Pawai Kendaraan Hias

OKUTIMURPOS.COM. MARTAPURA – Umat muslim segera memasuki 1 Muharram sebagai tahun baru Islam yakni 1444 Hiriah. Berdasarkan kalender masehi, maka bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022.

Dalam menyambut tahun baru Islam tersebut, Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur (OKUT) bakal menggelar pawai kendaraan hias, sekaligus sholawat bersama.

“Kegiatannya akan dilaksanakan pada Sabtu 30 Juli 2022 pagi sekiar pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB. MWC NU Martapura bersama pengurus ranting dan badan otonom (banom), saat ini tengah melakukan pematangan baik secara konsep, agar teknis di lapangan berjalan lancar. Kami juga bekerja sama dengan pengurus Masjid Agung Sabilul Muttaqin untuk kesuksesan kegiatan ini,” ungkap Ketua Tanfidziah Rofiqul Ula Al-Hafidz disela-sela rapat koordinasi persiapan dan pembentukan panitia 1 Muharram di Masjid Sabilul Muttaqin Sabtu(16/7/2022).

Ia mengatakan, pawai kendaraan hias dalam rangka memeriahkan 1 Muharram 1444 tersebut dilakukan secara simple. Artinya, kendaraan yang dihias tersebut tiadak mesti harus mewah dengan mengeluarkan biaya mahal, tetapi cukup sederhana saja. Terpenting adalah kemeriahan sehingga dapat menyampaikan syiar Islam pada moment tersebut.

“Panitian akan menyediakan hadiah hiburan menarik, dengan sistem kupon undian yang anantinya akan dibagikan oleh panitia kepada peserta,” terang Rofiq seraya mengatakan, pada Minggu paginya tanggal 31 Juli, akan dilaksanakan jalan sehat di Desa Perjaya yang akan dilaksanakan pengurus Ranting NU.

Adapun rute yang nantinya akan dilalui peserta pawai yaitu di Lapangan Koni Martapura sebagai titik kumpul sekitar pukul 07.00 WIB. Selanjutnya, peserta pawai akan melintasi Jalan Merdeka-Jalan Lintas Tengah Sumatera Desa Kotabaru dan finish di halaman Masjid Sabilul Muttaqin.

“Untuk undian kupon berhadiah, akan dilaksnakan di halaman Masjid Sabilul Muttaqin. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan umat muslim dapat ikut serta memeriahkan. Panitia akan mengundang utusan dari masjid-masjid, mushola bahkan pelajar yang ada di Martapura dan sekitarnya,” terangnya.

Dalam rapat koordinasi persiapan dan pembentukan panitia 1 Muharram tersebut dihadiri langsung Rais Syuriah Ky. Muhammad Rosyidi, Seluruh Pengurus MWC NU Kecamatan Martapur, Ketua Masjid Agung Sabilul Muttaqin dan Pengurus, Ketua Ranting NU dalam Wilayah MWC NU Martapura. Selanjutnya Ketua PAC dan Ranting GP. Ansor Kecamatan Martapura, Ketua PAC dan Ranting Muslimat NU Kecamatan Martapura, Ketua PAC dan Ranting Fatayat NU Kecamatan Martapura, Ketua PAC dan Ranting IPNU dan IPPNU Kecamatan Martapura, Banser dan Pagar Nusa Kecamatan Martapura. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan lapangan