Toyota Agya GR Sport: Bukan LCGC, Cek Spesifikasi dan Harganya Juli 2024

Toyota Agya GR Sport: Bukan LCGC, Cek Spesifikasi dan Harganya Juli 2024

Toyota Agya GR Sport--

OKUTIMURPOS.COM - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan All New Toyota Agya 2023 lalu, termasuk juga Agya GR Sport sebagai tipe tertinggi.

Jika 2024 era baru banyak keluaran mobil listrik seperti Hyundai IONIQ 6 yang diluncurkan pada tahun 2023 dengan model sedan mid-size yang dirancang untuk bersaing dengan mobil seperti Tesla Model 3, BMW i4 dan Toyota Agya di Indonesia.

 

Toyota Agya sebelumnya masuk ke dalam kelas Low Cost Green Car (LCGC), namun untuk Agya GR Sport tidak masuk segmen mobil murah ramah lingkungan tetapi masih menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat di Indonesia.

Mengeluarkan model Agya GR Sport dari segmen LCGC adalah langkah berani yang diambil TAM, mengingat sebelumnya selama 10 tahun terakhir Toyota Agya sudah sangat dikenal sebagai mobil dari segmen LCGC.

Perlu sobat otomotif ketahui, ada beberapa kriteria sebuah mobil bisa disebut LCGC dan mendapat keringanan pajak dari pemerintah, beberapa persyaratan antara lain, mobil diproduksi di Indonesia, dengan 80 persen komponen atau lebih merupakan konten lokal. Mobil segmen LCGC juga wajib memiliki kapasitas mesin tertentu, yang membuat konsumsi BBM nya dalam jumlah tertentu yang diatur dalam peraturan pemerintah.

Mobil segmen LCGC juga harga jualnya harus di bawah Rp200 juta. Maka itu, jika melihat beberapa persyaratan dari sebuah mobil termasuk dalam segmen LCGC di atas, dipastikan harga jual Agya GR Sport sudah melampaui batasan harga yang diperbolehkan dalam LCGC.

Jika melihat pesaing terdekat yaitu Honda Brio RS yang juga tidak termasuk LCGC, maka harga All New Toyota Agya dan Agya GR Sport kemungkinan berada pada rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan.

Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya GR Sport merupakan versi lebih sporty dari All New Toyota Agya 2023 yang dirilis di Indonesia pada tahun 2023. Tidak tergolong Low Cost Green Car (LCGC) seperti trim E dan G, sehingga mungkin tidak sebagus trim E dan G. hemat bahan bakar namun menawarkan pengalaman berkendara yang lebih seru.

Untuk Agya GR Sport sendiri, Toyota membekalinya dengan menanamkan aero kit yang dipasang pada eksterior dengan tujuan untuk membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya.

Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. Grip ban semakin baik berkat aliran udara yang dialihkan sehingga tidak menekan ban belakang.

Pada bagian suspensi, mobil ini juga sudah menggunakan exclusive shock absorber dan coil spring yang diracik supaya sanggup memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar.

EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat untuk membuatnya lebih lincah saat bermanuver. Sementara sport tires yang dipilih secara khusus mampu menambah traksi ban di jalan lurus dan menjaga grip-nya di jalan berliku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: