Kapolres OKU Timur Terus Koordinasi Bersama KPU dan Bawaslu Jelang Pemilu 2024

Kapolres OKU Timur Terus Koordinasi Bersama KPU dan Bawaslu Jelang Pemilu 2024

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH saat mengunjungi Senntra Gakkumdu. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM -Hingga kini, Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH didampingi Kasat Intelkam IPTU Arie Gusman SE MM masih terus melakukan koordinasi bersama KPU dan Bawaslu menjelang Pemilu 2024.
 
Kapolres OKU Timur menggelar kegiatan kunjungan ke ruangan media center KPU dan Sekretariat Bawaslu OKU Timur dalam rangka pengecekan kesiapan penyelenggara Pemilu  2024.
 
Kopolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH, didampingi Kasat Intelkam Iptu Arie Gusman, SE, MM, mengatakan,  kunjungan ke ruang media center KPU OKU Timur dalam rangka monitoring kesiapan KPU OKU Timur dalam memberikan pelayanan kepada Partai Politik dan Masyarakat  OKU Timur.
 
Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH  menyampaikan, pentingnya keterbukaan informasi dan data kepada publik sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat  sejauh mana penyelenggaraan pemilu telah terlaksana berdasarkan tahapan.
 
Sebagai langkah sinergitas perlu kiranya berkoordinasi dengan stake holder lainnya untuk follow up pemberitaan tentang Pemilu. Terima kasih kepada KPU OKU Timur yang sejauh ini sangat respon dengan tahapan dan berkoordinasi secara berkelanjutan, sehingga  yang berhubungan dengan tahapan akan tersampaikan baik secara langsung maupun media yang didukung dalam penyebaran informasi seputaran politik.
 
"Apapun yang dapat berdampak kejadian sosial agar infokan kepada kami sehingga cepat dilakukan upaya-upaya pencegahan secara cepat,efektik, dan efisien,"ungkapnya.
 
Tekankan terhadap PPK, PPS maupun KPPS agar memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. Agar KPU, PPK, PPS dan KPPS untuk mengadakan Bimtek dan simulasi yg sebenarnya sehingga dapat dipahami oleh setiap anggota KPPS dari pernyataan pembukaan TPS, mengeluarkan logistik dari kotak, menghitung dan menulis dan tanda tangan pada kertas suara, tata cara mengarahkan pemilih, sampai dengan penutupan waktu memilih dilanjutkan membuka kotak. Mengecek jumlah serta mencocokan surat suara dan simulasi surat suara yg sah maupun tidak sah serta pengisian administrasi  oleh KPPS, Serta buat simulasi dengam  300 surat suara guna mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan dalam kegiatan pungut dan hitung suara.
 
Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU OKU Timur,Yoga Hona Saputra, SE, menjelaskan  sarana penerangan yang disampaikan oleh KPU OKU Timur melalui media center KPU OKU Timur   dikendalikan oleh Divisi Teknis penyelenggara Pemilu , Partisipasi dan Hubungan Masyarakat bertugas memberikan informasi dan data tentang penyelenggaraan Pemilu.
 
Fasilitas yang tersedia di media center KPU OKU Timur, AC, Wifi, kursi dan meja tamu, Proyektor dan Laptop. Petugas media center terdiri dari orang staf Tekhnis dan partisipasi masyarakat dibantu dengan operator media Sosial. Secara tekhnis, pelayanan informasi dan data yang disampaikan oleh KPU OKU Timur dirangkum oleh media center.
 
 Terhadap informasi tentang Pemilu 2024 akan selalu dilakukan update pada Media Sosial KPU OKU Timur. KPU OKU Timur akan membentuk kelas belajar tentang simulasi dan Bimtek terhadap seluruh anggota KPPS yang dilakukan oleh PPS mengenai administrasi pada TPS secara tatap muka serta untuk seluruh Anggota KPPS akan diberikan Buku Panduan KPPS.
 
Penyebaran informasi dan data yang disampaikan oleh KPU OKU Timur melalui media,  FB KPU  OKU Timur IG :  @kpuokut
 Website : https://kab-okutimur.KPU.go.id/
 JDIH KPU OKU Timur. Email : [email protected]
 
 Kapolres OKU Timur AKBP, Dwi Agung Setyono, SIK, MH, ketika mengunjungi Sekretariat Bawaslu OKU Timur dalam rangka monitoring kesiapan Bawaslu  OKU Timur dalam memberikan pelayanan kepada Partai Politik dan Masyarakat  OKU Timur, menjelaskan, terima kasih kepada Bawaslu OKU Timur yang sejauh ini sangat respon dengan tahapan dan berkoordinasi secara berkelanjutan, sehingga seluruh yang berhubungan dengan tahapan akan tersampaikan baik secara langsung maupun media yang didukung dalam penyebaran informasi seputaran politik.
 
Pentingnya keterbukaan informasi dan data kepada publik sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat bahwa selama pelaksanaan Pemilu tahun 2024 adanya temuan dan laporan pelanggaran Pemilu. 
 
Mendekati tahapan pendistribusian logistik berupa surat suara, masa tenang dan Pungra, agar Bawaslu OKU Timur meningkatkan pengawasan dan koordinasi dengan Instansi yang gabung dengan Sentra Gakkumdu Pemilu  2024.
 
Ketua Bawaslu OKU Timur, Sunarto, SP, menjelaskan, terima kasih kepada Kapolres OKU Timur yang selalu siap dalam menjaga stabilitas Kamtibmas selama pelaksanaan Pemilu  2024. Penyampaian Informasi Pengawasan Bawaslu Kab. OKU Timur di sampaikan melalui Media Sosial yg dikelola oleh personil Humas Bawaslu OKU Timur
 
 Bawaslu  OKU Timur beserta jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan dan desa akan terus meningkatkan pengawasan mendekati tahapan distribusi surat suara, masa tenang dan Pungra dlm Pemilu  2024.
 
Penyebaran informasi dan data yang disampaikan oleh Bawaslu OKU Timur melalui,  FB : Bawaslu Kabupaten OKU Timur, IG :  @bawaslu_okutimur, Youtube Bawaslu : Web : https://okut.bawaslu.go.id, JDIH : http:/jdih.bawaslu.go.id,Email : [email protected]
 
Selanjutnya dalam kesempatan kunjungan  Kapolres OKU Timur juga melakukan peninjauan Pojok Pemilu dan Sentra Gakkumdu, serta dapat dijelaskan  dalam meningkatkan pengawasan Bawaslu  OKU Timur terdapat Pojok Pengawasan Bawaslu OKU Timur dlm menerima dan Konseling dalam.Pengawasan Pemilu  OKU Timur dan adapun penjabaran Pojok Pengawsan, pojok Pengawasan  pusat pengembangan ilmu dan pengetahuan mengenai demokrasi dan pengawasan p
Pemilu. Manfaat tersebut bukan hanya diberikan bagi publik awam saja,
namun juga penggiat dan pemantau 
Pemilu, bagi pemangku kepentingan Pemilu dan pengawasan Pemilu, terlebih bagi pengawas pemilu.
 
Lebih jauh, manfaat Pojok Pengawasan dapat dijadikan,  ruang partipasi dan ekspresi masyarakat. Bawaslu menampung partisipasi dan kebijakan dari seluruh  golongan masyarakat untuk ditindaklanjuti sebagai masukan atas kebijakannya. Meningkatkan mutu data dan informasi pengawasan Pemilu.Pembaruan data dan informasi adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi agar publik dapat mengakses kebutuhan informasi dengan mudah dan cepat.
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengawasan dan partispastif.
 
Sebagai media untuk menggugah kesadaran masyarakat atas kedaulatan yang dimilikinya, kemudian ikut berpartisipasi mengawasi pemilu.
Juga sebagai tempat berbagi pengetahuan mengenai pengawasan partisipatif, kemudian mengembangkannya. Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, peserta dan pemangku kepentingan Pemilu serta partisipasinya dalam pengawasan. Meningkatkan partisipasi peserta pemilu, pegiat pemilu dan para pemangku kepentingkan pemilu dalam penyelenggaraan pengawasan Pemilu.
 
Setelah meninjau Pojok Pemilu Kapolres OKU Timur juga melakukan Peninjauan terhadap Sentra Gakkumdu Bawaslu  OKU Timur dalam rangka pengecekan kesiapan terhadap penanganan pelanggaran pada Pemilu Serentak 2024, Sentra Gakkumdu ini terdiri dari Polres, dan Bawaslu  OKU Timur.
 
Saat kunjungan Kapolres OKU Timur, didampingi Kabag OPS, Kompol Tamimi, SH,MM,  Kasat Samapta AKP Jumeidi, SH,  Kasat Intelkam Iptu Arie Gusman, SE, MM, Kasubbagwatpers Bag SDM AKP Kahar, KBO  Sat Intelkam Ipda Bastian Marratin, SH, Kanit Pidkor Satreskrim Iptu Heriyanto,SH.(clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung