BPBD OKU Timur Nobatkan Lima Desa Sebagai Desa Tangguh Bencana

BPBD OKU Timur Nobatkan Lima Desa Sebagai Desa Tangguh Bencana

BPBD OKU Timur saat melakukan kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana Kabupaten OKU Timur. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Lima Desa di Bumi Sebiduk Sehaluan dinobatkan sebagai Desa Tangguh Bencana (TAGANA) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur.
 
Hal tersebut diungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur saat melakukan kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana Kabupaten OKU Timur tahun 2023, Kamis 14 Desember 2023 di Desa Muncak Kabau, Kecamatan BP Bangsa Raja.
 
Menurutnya, lima desa tangguh bencana tersebut diantaranya Desa Muncak Kabau, Desa Sribunga, Desa Sabahlioh, Desa Baturaja Bungin dan Desa Gunung Batu.
 
"Lima desa ini sudah di tetap kan sebagai Desa Tangguh Bencana TAGANA," katanya.
 
Jumlah peserta 80 orang terdiri daru TRC 20 Kecamatan TRC Desa Muncak Kabau, Desa Sribunga, Desa Sabalioh, Desa Baturaja Bungin dan Desa Gunung Batu masing masing 5 peserta.
 
Dikatakan, kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana dihadiri oleh Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Selatan kepala pelaksana BPBD kabupaten OKU Timur yang diwakili sekretaris BPBD kabupaten OKU Timur.
 
Camat BP Bangsa Raja, Kapolsek Buay Madang, Danramil Buay Madang, koordinator unit siaga pencarian dan pertolongan, Dinas Kesehatan OKU Timur, Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD kabupaten OKU Timur dan seluruh TRC kecamatan kabupaten OKU Timur.
 
"Sebagai narasumber penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana adalah muri Alfiansyah dari BPBD provinsi Sumsel," jelasnya.
 
Kegiatan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana dilaksanakan dengan urutan kegiatan sebagai berikut.
 
"Registrasi peserta dan tamu pendataan peserta yang hadir sesuai undangan, pembagian kelengkapan. Pembukaan penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana melalui pembentukan Desa tangguh bencana dibuka Sekretaris BPBD kabupaten OKU Timur," imbuhnya.
 
Sedangkan Moderator pemaparan materi dipimpin oleh Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD kabupaten OKU Timur. Pemaparan materi tentang konsep Desa tangguh bencana oleh BPBD provinsi Sumsel pemaparan materi tentang manajemen upaya pencegahan dan pengendalian penyakit dan faktor risiko kesehatan pada tanggap darurat krisis kesehatan oleh dinas kesehatan kabupaten Oku Timur.
 
"Perlu dilaksanakan kegiatan rutin sosialisasi atau pelatihan dalam melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana dan perlu adanya kerjasama dan koordinasi antara TRC BPBD kabupaten OKU Timur dan TGC Dinas Kesehatan OKU Timur untuk penanggulangan bencana," pungkasnya. (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung