3 Warga Meninggal Keracunan Gas di Dalam Sumur, DLH OKU Timur Ingatkan Tata Cara Standar Operasi Pembersihan

3 Warga Meninggal Keracunan Gas di Dalam Sumur, DLH OKU Timur Ingatkan Tata Cara Standar Operasi Pembersihan

//Fery Hadiansyah, ST, MM, Foto: Deo/okutpos --

MARTAPURA,OKUTIMURPOS.COM - Kejadian naas terjadi di Kabupaten OKU Timur dimana terdapat tiga warga Desa Bandar Jaya tewas diduga keracunan gas saat membersihkan sumur lama.

Tentunya kejadian tersebut dapat menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat luas khususnya untuk masyarakat yang masih menggunakan sumur timba atau konvensional.

Pasalnya sumur yang sudah lama tidak dipakai, kering dan lama tidak dipakai dapat menimbulkan gas berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian bagi orang yang memperbaiki sumur tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKU Timur Fery Hadiansyah, ST, MM menyampaikan, bahwa jika sumur sudah lama biasanya pernah kering. Kemudian karena sudah lama tidak tepakai sehingga menimbulkan gas .

"Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti kejadian di Desa Bandar Jaya ini, penggali atau orang yang hendak turun ke sumur harus mengetahui Standar Operasi Pengerjaan (SOP) sebelum penggalian atau turun ke sumur lama," katanya saat dibincangi Rabu 13 Desember 2023.

BACA JUGA:Tingginya Tingkat Pengangguran, Disnakertrans OKU Timur Bekali Pelatihan Pembuatan Batako Pencari Kerja

Misalnya, lanjutnya, disiram air dulu agar gas yang ada dibawah naik keatas. Lalu masukkan lampu atau lilin dihidupkan kemudian turunkan ke bawah sumur, kalau mati berarti dibawah sumur Oksigennya rendah.

"Artinya jika api pada lilin tersebut mati, jangan dimasuki, segera ditimbun karena di dasar sumur kemungkinan besar ada gas beracun," jelasnya.

Untuk pencegahan secara umum, lanjut kata Fery menjelaskan, pertama menggunakan Blower lalu semprotkan udara kedalam sumur.

Sehingga akan mengganti udara di dalam lubang sumur. Bisa juga dengan menyemprotkan air ke dalam sumur secukupnya. 

Dengan cara lewat dinding sumur, karena langkah ini bisa membantu menambahkan udara segar ke dalam lubang sumur dan bisa menggantikan gas beracun didalam sumur.

BACA JUGA:Tragedi Sumur Maut, Keluarga Sepakat Tidak Melakukan Otopsi

Kemudian yang kedua mengecek lubang sumur dengan nyala api dengan menggunakan lilin, jika padam berarti sumur tersebut mengandung gas beracun.

Selanjutnya bisa juga menggunakan binatang dengan cara mengikat binatang tersebut. Kemudian pelan-pelan masukan kedalam sumur sampai ke dasar tapi jangan sampai masuk ke air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: