Gelar Salat Istisqa, Pj Gubernur Sumsel: Kita Berdoa Agar Diturunkan Hujan yang Berkah

Gelar Salat Istisqa, Pj Gubernur Sumsel: Kita Berdoa Agar Diturunkan Hujan yang Berkah

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) bersama ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melaksanakan salat istisqa atau minta hujan.--

PALEMBANG,OKUTIMURPOS - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) bersama ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melaksanakan salat istisqa atau minta hujan.

Fatoni mengatakan melalui salat ini mereka berdoa dan meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan yang berkah.

"Salat istisqa hari ini, merupakan salah satu upaya kita berdoa dan meminta, memohon kepada Allah agar di Sumsel diturunkan hujan yang berkah," kata Fatoni halaman Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (13/10/2023).

Hadir juga sejumlah pejabat dan pegawai lingkungan Pemprov Sumsel, di antaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Ir SA Supriono, Kepala Kanwil (Kanwil) Kemenag Provinsi Sumsel H Syafitri Irawan, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta ratusan pegawai dan dilingkungan Pemprov Sumsel.

Salat ini dimulai pada pukul 07.30 WIB. "Pada hari ini, seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, sekolah dan pesantren melaksanakan salat istisqa secara serentak. Kita berharap doa kita dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala," kata Fatoni.

Fatoni mengungkapkan dengan melakukan salat istisqa secara serentak di seluruh wilayah Sumsel merupakan salah satu bentuk ikhtiar bersama.

Mereka memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar menurunkan hujan di tengah maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dampak dari el nino.

BACA JUGA:BMKG Sumsel Apresiasi Upaya Pemprov dalam Penanganan Karhutla yang Berhasil Tekan Jumlah Titik Panas

Selain itu, Pemprov Sumsel juga terus meningkatkan upaya dalam penanganan karhutla.

Terlebih pada wilayah Kabupaten/Kota yang masih terpantau titik api. "Upaya yang kita lakukan terus dimaksimalkan, penambahan personel kemarin sudah kita lakukan. Begitu juga Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) telah diperpanjang. Penambahan helikopter dari BNPB juga dan perusahan-perusahaan juga kita libatkan untuk menangani ini," ucapnya.

Fatoni juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dan bekerja sama dengan Pemda dalam penanganan karhutla.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam mengatasi Karhutla di Sumsel. Semoga segala upaya kita ini, diridhoi oleh Allah," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: