Ini Mitos dari Kayu Cempaka

Ini Mitos dari Kayu Cempaka

Daun kayu Cempaka --

OKUTIMURPOS - Bunga dari kayu Cempaka putih (kantil) dipercaya oleh sebagian orang dapat mendatangkan jodoh.

Contohnya jika seseorang ingin segera di pertemukan dengan jodohnya, maka orang itu harus bisa mencuri bunga cempaka putih milik pengantin.

Mitos tersebut ternyata dipercaya oleh tak sedikit orang, dan banyak kasus pencurian bunga cempaka putih milik mempelai atau pengantin secara diam-diam.

Selain itu, mitos lainnya mengatakan kalau aroma bunga cempaka putih disukai oleh makhluk halus berjenis kelamin perempuan, contohnya kuntilanak.

Mitos yang menakutkan tersebut tak terlepas dari kebiasaan pohon cempaka putih yang biasa ditanam sekitar area pemakaman dan memunculkan pemikiran kalau pohon tersebut menjadi tempat tinggal dari makhluk halus.

Lantai Dari Kayu Cempaka Dalam tahun-tahun sekarang banyak orang yang menggunakan lantai kayu untuk dasar lantai huniannya.

Bukan tanpa alasan, lantai kayu pada hunian atau bangunan lain dapat menambah nilai estetik dan kenyamanan sebuah bangunan.

Lantai kayu dapat memberikan kesan yang mewah dan udara yang hangat pada ruangan. Kayu cempaka memiliki karakteristik yang cukup dapat dijadikan sebuah lantai kayu, namun sayangnya status langka yang dimiliki jenis kayu ini membuat sulit untuk didapatkan.

Oleh sebab itu, banyak jenis kayu lain yang dapat dijadikan sebuah lantai kayu yang lebih berkualitas.

Sulitnya mendapatkan Kayu Cempaka Hutan Kasar Kayu cempaka hutan kasar diketahui hanya tumbuh subur di wilayah Sulawesi dan Maluku.

Hal itu membuat orang kesulitan dalam mendapatkan kayu cempaka. Selain itu status langka dan dilindungi pada jenis cempaka kuning membuatnya semakin sulit didapatkan.

Untuk itu diharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak sembarang menebang pohon atau pembabatan masal yang dapat mengurangi populasi dari jenis-jenis kayu yang ada di Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: