Maksimalkan Pencegahan, BNN OKU Timur Siapkan 25 Penggiat Anti Narkoba

Maksimalkan Pencegahan, BNN OKU Timur Siapkan 25 Penggiat Anti Narkoba

25 Penggiat Anti Narkoba Ikuti Bimtek P4GN yang dilaksanakan BNN Kabuaten OKU Timur. Foto: BNN OKUT--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM – Peredaran narkoba yang dapat menyasar semua kalangan, sepertinya menjadi perhatian serius Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OKU Timur.

 

Untuk memutus mata rantai peredaran barang haram tersebut, BNN Kabupaten OKU Timur memberdayakan Penggiat Anti Narkoba baik di tingat desa hingga kecamatan.

 

Untuk memberikan pemahaman sekaligus kemampuan BNN Kabupaten OKU Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggiat P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) di Intansi Pemerintah.

 

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Puri Tani Martapura itu digelar selama dua hari, 22-23 Agustus 2023, dengan menghadirkan beberapa narasumber dengan berbagai disiplin ilmu.

 

“Bimbingan Teknis Penggiat P4GN di Intansi Pemerintah ini dilasakan selama dua hari dengan 25 peserta. Kesemuanya kami ambil dari perwakilan Puskesmas se-OKU Timur,” ungkap Kepala BNN Kabupaten OKU Timur AKBP Efriyanto Tambunan, MM.

 

BNN Kabupaten OKU Timur menyadari bahwa, dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba ini tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, melainkan harus melibatkan semua komponen termasuk stakeholder.

 

Dimana kata Efriyanto, BNN Kabupaten OKU Timur ini memiliki beberapa Seksi salah satunya Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M).

 

Tugasnya lanjut Efriyanto salah satunya adalah melakukan pencegahan dengan memberdayakan komponen masyarakat baik melalui edukasi, sosialisasi dan sebagainya.

 

“Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang Pengelolah Program Napza Dinas Kesehatan dan Puskesmas se-kabupaten OKU Timur,”

 

Efriyanto menambahkan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan calon Penggiat Anti Narkoba dalam upaya P4GN di instansi pemerintah khususnya pengelola program napza di Puskesmas.

 

Diharapkan peserta dapat meyebarkan informasi tentang P4GN yang didapatkan ke instansi pemerintah dan Masyarakat, guna menumbuhkan daya tangkal aparat pemerintahan, dan masyarakat OKU Timur terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba dan penjangkauan korban dan penyalahgunan narkoba untuk direhabilitasi.

 

Untuk diketahui, kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggiat P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) di Intansi Pemerintah dibuka langsung Kepala BNN Kabupaten OKU Timur AKBP Efriyanto Tambunan, M.M dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber.

 

Narasumber dihari pertama diantaranya Praktisi Jurnalis OKU Timur Dr. (Cnd) Ade Rosad, M.Pd dengan Materi Kebijakan dan Strategi Nasional dalam P4G, Program Manager Yayasan Cahaya Kusuma Bangsa Rumah Antara Bro Panji Ridho S.E dengan Materi Pengetahuan Dasar Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: