Kota Pagaralam Terapkan Green City, Sumsel Komitmen Dukung Kebijakan Pusat Capai Target Nol Emisi Karbon

Kota Pagaralam Terapkan Green City, Sumsel Komitmen Dukung Kebijakan Pusat Capai Target Nol Emisi Karbon

Sekda Sumsel H Supriono-baik-humas sumsel

PALEMBANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir SA Supriono secara resmi membuka Forum Dialog Sosial untuk Transisi Energi Berkeadilan diselenggarakan oleh International Labor Organization (ILO), bertempat di Ballroom Hotel The Alts, Selasa (8/8).

Dalam arahannya, Sekda Supriono mengharapkan melalui kegiatan tersebut diharapkan akan terbentuk Forum Konsultasi Daerah Bidang Ketenagakerjaan Sektor Transisi Energi dan Transformasi Ekonomi di Provinsi Sumatera Selatan.

"Semua pemangku kepentingan baik itu pemerintah, pengusaha, pekerja, akademis, media, dan LSM dapat terlibat aktif memberikan masukan guna teciptanya kebijakan dalam hal transisi energi berkeadilan serta transformasi ekonomi di Sumsel," kata Supriono.

Dikatakan, berdasarkan arahan Presiden RI, Joko Widodo yang berkomitmen menerapan energi baru terbarukan. Maka Pemprov Sumsel mengimplementasikan diri mengikuti kebijakan nasional tersebut guna mencapai Net Zero Emission (NZE) atau Nol Emisi Karbon di tahun 2060.

"Di Sumsel sudah ada daerah yang menerapkan Green City yakni Kota Pagaralam," ujarnya.


Menurutnya guna persiapan dan perencanaan transisi menuju sumber energi bebas karbon masa depan dibutuhkan upaya yang komprehensif dan terpadu. Untuk itu dia mengapresiasi ILO dan beberapa pihak lainnya yang telah mengimpelementasi Orogram Innovation Regions for just Energy Transition (IKI JET).

"Pemprov Sumatera Selatan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada GIZ, ILO, ITUC, dan yayasan Mitra Hijau dan lembaga lainnya yang mengimplementasikan program IKI JET," tandasnya. (*/hum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis