Belanting di Kelumpang Binaan PGE Lumut Balai Raih Juara I Desa Wisata se Sumsel, Ini Kategorinya

Belanting di Kelumpang Binaan PGE Lumut Balai Raih Juara I Desa Wisata se Sumsel, Ini Kategorinya

Gubernur Sumsel H Herman Deru menyerahkan Piagam Penghargaan Anugerah Pesona Desa Wisata 2023 untuk Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Kategori Daya Tarik Pengunjung ke Wisata Belanting River Tubing -baik-ryan pge

*Anugerah Pesona Desa Wisata Sumatera Selatan 2023

PALEMBANG,OKUTIMURPOS-Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru memberikan penghargaan Anugerah Pesona Desa Wisata se Sumsel 2023.

Salah satu pemenangnya adalah Desa Kelumpang Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu yang berhasil meraih Juara 1 Kategori Daya Tarik pengunjung. Wisata andalannya adalah Belanting River Tubing.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur H Herman Deru pada malam Anugerah Pesona Desa Wisata 2023 di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang (9/8/2023). 

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Desa Kelumpang dan terus selalu berbenah untuk mengembangkan inovasi dari potensi yang dimiliki dengan mengkolaborasikan wisata alam yang ada.

Dengan wisata kreasi serta melestarikan seni budaya kearifan lokal yang dimiliki. Desa Kelumpang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan.

Desa ini memiliki potensi wisata air yang berada disamping Sungai Ogan. Sejak tahun 2021 PGE Lumut Balai menjalankan program pemberdayaan masyarakat yang diawali dengan pelatihan kemandirian kelompok Karang Taruna sebagai penggerak untuk pengembangan objek wisata ke komunitas Body Rafting Santirah Pangandaran.

Setelah mendapatkan pelatihan berbagai sarana dan peralatan pun telah dberikan PGE kepada kelompok Belanting untuk dijadikan inventaris pelayanan pengunjung yang ingin bermain rafting tubing.

BACA JUGA:PGE Lumut Balai Berhasil Bangkitkan Ekonomi Warga Sekitar

Hingga 2023 merupakan tahun ke-3 PGE Lumut Balai melakukan pembinaan kepada kelompok Belanting untuk memberikan bantuan berupa inovasi program pengembangan objek wisata.


Manfaat yang terbesar dirasakan adalah dengan keterlibatan beberapa pemuda dari tiap desa di kecamatan ulu ogan untuk menjadi tenaga tour guide sehingga kearifan lokal ini patut terus dilestarikan oleh masyarakat.

Belanting River Tubing (BRT) merupakan objek wisata baru yang memiliki daya tarik wisatawan yang dapat mengangkat derajat Desa Kelumpang pada tahun 2023 menjadi Desa Wisata.

Beberapa program CSR pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan untuk mendukung desa wisata antara lain kelompok kerajinan bambu, kelompok budidaya durian dan kelompok budidaya Kopi Ulu Ayakh.

Turut hadir dalam acara ini dari Forkopimda sumsel, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dan Bupati/Walikota se-Sumsel. Dari Pemerintahan Kabupaten OKU, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah diwakili Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten OKU Alfarizi, SE, Ak, MPd beserta dinas terkait.

Sementara General Manager PGE Lumut Balai, Hadi Suranto melalui Assisten Manager GPR, Ryan Dwi Gustriandha menyampaikan apresiasi atas raihan juara 1 Kategori daya tarik pengunjung kepada Kelompok Mitra Binaan CSR Belanting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rilis