Disdikbud OKU Timur Terapkan Pembelajaran Membangun Enam Kemampuan Fondasi PAUD-SD

Disdikbud OKU Timur Terapkan Pembelajaran Membangun Enam Kemampuan Fondasi PAUD-SD

Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM saat memberikan sambutan di Zona I. Deo/okutpos--

MARTAPURA, OKUTIMURPOS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak pada masa transisi PAUD-SD.
 
Hal tersebut diungkap Kadisdikbud Wakimin SPd MM melalui Kabid Dikdas Edi Subandi SE MM saat menggelar sosialisasi transisi PAUD-SD di Zona I, II, III, IV.
 
Menurutnya, dari pelaksanaan kegiatan ini adalah ada tiga target perubahan yaitu  tidak ada lagi test calistung saat pendaftaran anak masuk jenjang SD.
 
"Minggu pertama masuk sekolah merupakan  masa dimana anak beserta orang tuanya merasakan kenyamanan dalam kegiatan tersebut dan pihak sekolah mampu mendapatkan potret  capaian siswa melalui asesmen awal dan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya," katanya.
 
Sementara, Bunda PAUD Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta SpA.MKes., dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten OKU Timur sudah punya PAUD, dimana satu desa satu PAUD itu merupakan program pemerintah Kabupaten OKU Timur, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum punya PAUD desanya. 
 
"Kita patut bersyukur, dan kita punya SDM yang punya niat tulus, punya motivasi yang kuat untuk membantu generasi Indonesia menjadi generasi emas kedepannya, dan ini adalah tugas guru PAUD. Karena guru PAUD dan guru SD tingkat awal, itu merupakan fase kritis anak golden age, di umur itulah waktu membangun karakter anak itu sendiri. Tugas guru PAUD adalah luar biasa membangun pondasi untuk masa depan anak tentunya," pungkasnya. 
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur Wakimin SPd MM menambah, Pengimbasan implementasi masa transisi PAUD-SD* se-OKU Timur dilaksanakan serentak dengan jumlah peserta 200 KS/Guru PAUD/SD yang terbagi dalam 4 zona, dengan masing-masing zona jumlah pesertanya 50 KS/Guru
 
Adapaun pembagian zonasinya adalah zona 1 di Martapura ( Martapura, Jayapura, Bunga Mayang, Madang Suku III, BP Peliung ) , Zona 2 ada di Belitang ( Belitang,  Belitang Jaya, Buay Madang,  Buay Madang Timur,  Belitang Madang Raya) , zona 3 ada di Belitang Mulya ( Belitang Mulya,  Belitang II,  Belitang III,  Semendawai Suku III,  Semendawai Timur) dan zona 4 ada di Rasuan ( BP Bangsa Raja, Madang suku II,  Madang suku I,  Semendawai Barat,  Cempaka) 
 
Sosialisasi mengusung tema "Penguatan dan Komitmen Bersama Bunda Paud dalam Mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan", bertempat di Sekolah Dasar Negeri 20 Kecamatan Martapura, Jumat (16/06/2023). (clau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan langsung