Pasukan TNI Evakuasi Ratusan WNI ke Jeddah, Gunakan Tiga Jalur

Pasukan TNI Evakuasi Ratusan WNI ke Jeddah, Gunakan Tiga Jalur

Satgas TNI evakuasi WNI ke Jeddah, dari perang saudara di Sudan. Foto: Satgas TNI ----

Pasukan TNI Evakuasi Ratusan WNI ke Jeddah, Gunakan Tiga Jalur

OKUTIMURPOS.COM - Ditengah konflik bersenjata di Sudan, satgas TNI berhasil evakuasi 110 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Sudan ke Jeddah.

BACA JUGA: Sah! Tri Suaka Persunting Nabila Maharani

Ya, evakuasi di tengah ketegangan perang suadara Sudan ini di bawah pimpinan Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto Jeddah, Rabu 26 April 2023. Satgas evakuasi terdiri dari kru pesawat, personel Satbravo Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), Kesehatan TNI, Psikolog TNI, BAIS TNI, Puspen TNI, dan staf Kemenlu.

BACA JUGA:Ingin Dapatkan Saldo DANA Gratis hingga Rp1,5 Juta? Ini Dia Caranya!

Tahap awal berhasil mengevakuasi WNI yang terdiri dari 33 orang perempuan, 71 orang laki-laki dan enam anak-anak, untuk selanjutnya di bawa menuju posko evakuasi. Setelah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, para WNI ini diangkut menggunakan Pesawat Boeing 737 A-7305 milik TNI AU sorti 1 dengan rute penerbangan Jeddah - Port Sudan - Jeddah.

BACA JUGA:Pembiayaan Tumbuh Lebih Dari 20%, Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid

Mission Commander menyampaikan bahwa misi evakuasi rencananya akan dibagi menjadi beberapa sorti dan sorti pertama telah terlaksana dengan lancar tanpa kendala. Menurutnya, evakuasi akan diprioritaskan untuk Lansia, ibu hamil dan anak-anak.

BACA JUGA:Ternyata Sumsel Punya 5 Prokyek Jalan Tol yang Masuk Proyek Strategis Nasional, Mana Saja, Cek di Sini!

Diketahui, sebelumnya 39 anggota pasukan khusus gerak cepat (kopasgat) TNI, diberangkatkan ke Sudan untuk membantu evakuasi ratusan WNI di negara yang terjebak ditengah konfliknya berenjata. Konflik bersenjata sudah telah membuat banyak korban.

BACA JUGA:Sumsel Serius Antisipasi Bencana Kekeringan dan Karhutla

Banyak warga negara di negara Sudan terjebak. Konflik terjadi di Sudan adalah antara militer Sudan dan kelompok para militer pasukan dukungan Cepat -Rapid Support Forces RSF. Kedua belah pihak mempunya pendudukung ribuan penjuang militan.

Sudan? Adalah negara ketiga terluas di benua Afrika, serta terluas keenam belas di dunia. Ya evakuasi WNI akan memerlukan beberapa tahap.

BACA JUGA:Saldo DANA Gratis hingga Rp1,5 Juta Bakal Masuk Rekening Mu, Ini Caranya, Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: