Ada Jejak Kerajaan Sriwijaya di Tanah Komering, Bagaimana Ceritanya, Cek di Sini!

Ada Jejak Kerajaan Sriwijaya di Tanah Komering, Bagaimana Ceritanya, Cek di Sini!

Ilustrasi-ist-net--

BACA JUGA:Tercatat 117 Ribu Kendaraan di Sumsel Telah Daftar Program Minyak Subsidi Tepat

Masuknya Sriwijaya ke Ogan terlihat banyaknya rumah-rumah Limas Berkasta yang berusia ratusan tahun, di Desa Bunglai dan adanya Prasasti Baturaja. Nah, di Komering sendiri, jejak Sriwijaya benar-benar ada. Dimana di daerah Minanga aliran Sungai Momering pada tahun 1974 pernah ditemukan Arca Budi Satwa Matrea dari perunggu.

BACA JUGA:Lincah di Jalanan, Kaki Empuk, New Honda BeAT 2023 150 cc Bikin Stabil saat Berkendara

Arca ini membuktikan bahwa Sriwijaya pernah memasuki Komering, bahkan harta benda milik kerajaan pernah ditemkan di aliran Sungai Komering di OKI, dan beberapa tahun terakhir ditemukan koin tua di Desa Perjaya OKU Timur. 

BACA JUGA:Musrenbang Sarana Interaktif Stakeholders Menetapkan Program Pembangunan

Sampai saat ini belum diketahui pasti, apakah kerajaan Sriwijaya berasal dari Komering Minanga atau bukan, tapi yang jelas Sriwijaya bercorak Hindu Budha. Dimana Hindu berasal dari bangsa India seiring masuknya bangsa Arya ke India, dan Budha lahir pada abad ke-5 sebelum sebelum Masehi.

BACA JUGA:BURUAN! Saldo DANA Gratis Rp160 Ribu Langsung Cair, Cek di Sini Caranya!

Sementara keturunan Sekala Brak menyebar di daratan Komering pada abad 16 seiring penyebaran Islam di wilayah Sumatera. Sriwijaya memasuki wilayah Sumatera di daerah pedalaman Sumatera untuk menguasai teritorial.

BACA JUGA:New Honda BeAT 2023 150 CC Jadi Pusat Perhatian, Tampil Lebih Elegan

Demikianlah ulasan tentang jejak Sriwijaya yang ada di Tanah Komering, terkait benar ataupun tidak, tentunya harus dibuktikan lagi melalui penelitian-penelitian yang didukung oleh referensi.* 

 

 

   

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: